19 Tempat Wisata di Kendal yang Wajib dikunjungi

Berkunjung ke Kota Kendal Jawa Tengah tidak lengkap jika belum mengunjungi berbagai objek wisata menarik di Kota Kondal. Tempat wisata di Kota Kendal menyajikan beragam tempat wisata di Kota kendal mulai dari wisata pantai di Kota Kendal, Wisata Pegunungan, dan wisata air terjun di Kota Kondal. Berikut yang kitawisata.com rangkum berbagai tempat wisata di Kota Kendal

1. Tubing Genting

Tubing Genting awalnya merupakan sungai biasa yang terletak di Dusun Genting, Getas, Singorojo Kendal. Sungai bernama Kedung Wali ini dikelilingi tebing batu yang berbentuk kotak menyerupai batu candi sehingga memberikan kesan unik dan eksotis. Tempat wisata yang diresmikan pada Januari 2015 ini memiliki pemandangan yang indah di sepanjang jalan menuju lokasi Tubing Genting terbentang perkebunan karet hijau dan sejuk serta udara segar dan nuansa alam perbukitan Kendal.

Tubing Genting
Tubing Genting

2. Sekartama Waterland

Wahana wisata air yang diresmikan pada tahun 2012 ini memiliki fasilitas penunjang seperti fasilitas 3 seluncur, ember tumpah, kolam renang pantai, cafetaria, gamezone, gedung serbaguna, kamar mandi, toko, dan tempat parkir yang luas. Terdapat pula Foodcourt di sebelah kiri gedung yang didesain megah dan modern.

Menu spesial yang terdapat di Kafe Sekartama Waterland adalah bakso dan burger. selain itu juga tersedia berbagai menu seperti kue leker dan tersedia berbagai jenis minuman. Sekartama Waterland buka setip hari untuk hari Senin- Sabtu buka pada pukul 08.00 – 17.00, untuk hari Minggu dan hari libur dari pukul 08.00 – 18.00.
Sekartama Waterland
Sekartama Waterland

3. Kebun Buah Plantera

Kebun buah plantera fruit paradise Ngebruk adalah kebun buah yang berlokasi di Kabupaten Kendal yang ditanami berbagai macam buah unggul seperti Durian montong, lengkeng itoh, buah naga (Red Dragon) , Sirkaya Grand anona, Rambutan Binjai dan Ropiah serta Jambu Citra. Buah yang ditanam di Argo Wisata Ngebruk Patean disesuaikan dengan kondisi alam yang sejuk dan Tropis.
Kebun buah plantera fruit paradise Ngebruk
Kebun buah plantera fruit paradise Ngebruk

4. Goa Kiskendo

Gua Kiskendo berlokasi di Trayu kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Jaraknya 15 KM dari kota Kendal. Banyak jalur yang bisa dilaui untuk sampai di tempat wisata ini.  Jika dari arah selatan, bisa melalui jalur Kecamatan Boja,sedangkan jika  melalui arah utara, bisa melalui jalur Kecamatan Kaliwungu yang jaraknya lebih kurang delapan kilometer. Jika ingin  berkunjung kewisata ini di sarankan untuk sering bertanya kepada warga sekitar karena akses jalan menuju gua masih sangat minim petunjuk arah.
Gua Kiskendo
Gua Kiskendo 

5. Pulau Tiban

Wisata Pulau Tiban adalah nama sebuah pantai yang berada di Patebon Kendal. Walau disebut pulau, namun tempat ini hanya digunakan untuk julukan sebuah pantai Kartika Jaya. Pulau Tiban sebenarnya adalah semacam semenanjung. Daratan yang konturnya memanjang dan menyambung dengan daerah dermaga. Bukan sebuah daratan terpisah yang dikelilingi  laut
Wisata Pulau Tiban
Wisata Pulau Tiban

6. Taman Klorofil

Taman Klorofil Kendal atau sering disebut juga hutan klorofil, tempat wisata baru yang dibangun oleh pemerintah kabupaten Kendal belum lama ini. Fasilitas- fasilitas yang terdapat di hutan Klorofil diantaranya adalah tempat duduk, permainan anak-anak, fasilitas jogging track bagi traveler yang ingin olah raga dan ada pula toilet yang bersih.

Taman Klorofil Kendal
Taman Klorofil Kendal

7. Curug Benowo

Wisata alam curug Benowo berlokasi di Dusun Boja, Desa Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Propinsi Jawa Tengah. Tempat yang berjarak sekitar 25 km dari kota Semarang dengan waktu tempuh 1,5 jam dari Semarang. Cukup jauh memang, namun tidak akan rugi jika mengunjungi daerah Gonoharjo, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal
Wisata alam curug Benowo
Wisata alam curug Benowo

8. Pemandian air Panas Nglimut

Tempat wisata yang  diresmikan oleh Bapak Ir. Haryo Kusumo kepala Perum Perhutani Unit I Jawa tengah pada tanggal 21 Agustus 2008 ini memiliki keunikan tersendiri, karena dalam satu lokasi kita dapat menikmati lebih dari satu  tempat wisata sekaligus. Selain itu terdapat fasilitas yang mendukung tempat wisata , seperti  adanya tempat perkemahan, taman, dan tempat penginapan berupa vila serta  fasilitas pendukung lainnya.
Pemandian air panas Nglimut
Pemandian air panas Nglimut

9. Curug Semawur

Curug Semawur merupakan objek wisata paling tepat untuk petualang sejati. Keindahan air terjun mampu menggantikan  rasa  lelah perjalanan yang biasa ditempuh dengan jalan kaki. Walaupun  tempat wisata ini jauh dari pusat kota Kendal  yaitu lokasi curug semawur berada  di perbatasan Kabupaten Kendal dan Kabupaten Batang, tepatnya di Dusun Jiwan, Desa Blumah Kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah.
Curug Semawur
Curug Semawur

10. Pantai Cahaya Kendal

Pantai cahaya kendal berlokasi di Desa Sendang Sikucing, Rowosari, Kendal, Jawa Tengah, Indonesia. akses menuju pantai ini pun juga mudah, karena dapat dijangkau dengan mobil pribadi. Untuk  menuju ke lokasi, jika pengunjung berasal dari Semarang bisa langsung menuju Barat ke arah Kendal yang melewati Kaliwungu
Pantai cahaya kendal
Pantai cahaya kendal

11. Menghirup Segarnya Udara di Kebun Teh Medini Ungaran

Bagi pendaki gunung Ungaran tak asing lagi jika mendengar tempat yang bernama kebun teh Medini Ungaran. Setiap perjalanan pendakian menuju gunung Ungaran pendaki pasti akan melewati kebun teh ini. Kebun Teh Medini terletak di ketinggian 1500DPL yang merupakan wilayah Kabupaten Kendal.

Akses jalan menuju kebun teh Medini belum bisa dikatakan layak, seperti tempat wisata alam lainnya jalur yang harus dilewati jalan sempit dan bebatuan serta berkelok-kelok. Hal itu tak menjadi halangan bagi penyuka tantangan. Dibawah Kebun teh medini belum lengkap rasanya kalau tidak berkunjung ke pemandian air panas Nglimut yang lokasinya tidak jauh dari kebun teh medini.

Perjalanan yang tak mudah itu akan terbayarkan dengan keindahan hijau kebun teh dan udara sejuk pegunungan. Dalam perjalanan tersebut juga akan melewati keindahan perbukitan, kebun kopi, dan melewati kebun teh yang luas dengan udara segar tanpa polusi.
kebun teh medini
kebun teh medini

12. Pantai Ngebum Kaliwungu, Destinasi Wisata Pantai di Kendal

Ketika perjalanan menuju pantai pengunjung dapat menikmati pemandangan tambak ikan, tanaman bakau yang luas dan pabrik Kayu Lapis Indonesia serta Pabrik Rimba Partikel Indonesia yang besar di sepanjang jalan.Pantai yang berjarak 6 Km dari pusat kota Kaliwungu tersebut memiliki keindahan alam yang menakjubkan dan ombak yang indah serta banyak kursi yang terletak di pinggir pantai sehingga bagi pegunjung dapat menikmati suasana pantai yang tenang dan nyaman.
Pantai ngebum
Pantai ngebum

13. Air Terjun Curug Sewu Kendal

Air terjun curug sewu berjarak sekitar lebih kurang 40 kilometer dari pusat kota Kendal. Rute yang dapat dilalui untuk sampai ke curug Sewu jika dari pusat kota Kendal dapat melewati jalan pantura yaitu Patebon-Cepiring-Gemuh-Weleri. Akses jalan menuju objek wisata curug Sewu cukup mulus berupa aspal halus hanya saja ketika sudah sampai di Weleri bagian atas akan menemui jalan yang berkelok-kelok dan terdapat tanjakan yang harus dilalui. Selain Curug Sewu, di Kabupaten Kendal juga ada Curug Benowo di Kaki Gunung Ungaran.
curug sewu kendal
curug sewu kendal

14. Kali Bladon Kendal, Wisata yang Baru Ngehitz

Tempat ini masih terbilang baru sebagai objek wisata. mulanya Kali Bladon hanya berupa sungai yang berada di area persawahan yang berfungsi sebagai pengairan untuk membantu petani yang meiliki sawah di sekitar kali tersebut. Karena dirasa memiliki keindahan pemandangan alam yang menarik hingga akhirnya kali Bladon diresmikan oleh pemerintah sebagai salah satu destinasi objek wisata di Kendal.
Kali blandon Kendal
Kali blandon Kendal

15. Curug Corong Kendal

Curug yang berada satu lokasi dengan curug Panglebur gongso ini memiliki keunikan bukan hanya dari segi nama namun juga dari bentuk curug itu sendiri. Bentuk aliran air curug melebar pada dinding tebing batu berwarna hitam membentuk dua tingkat. Aliran air yang berasal dari tebing terdiri atas dua aliran air yang cukup deras. Kondisi tebing tempat mengalirnya air terjun terjun tidak merata, sehingga sebagian aliran air meluas membentuk seperti benang. Air yang jatuh tidak tertampug seperti halnya curug yang lain, air yang jatuh langsung mengalir ke bawah.
Curug Corong Kendal
Curug Corong Kendal

16. Segarnya Udara Hutan Pinus Nglimut

Di sekitar tempat wisata ini terdapat semacam aliran air yang menyerupai curug. Selain itu juga terdapat gazebo yang dapat digunakan untuk bersantai menikmati indahnya pemandangan pegunungan. Ketika berada di hutan pinus Nglimut pengunjung dibuat serasa sedang berada di hutan yang sebenarnya dengan suasana ketenangan pegunungan yang jauh dari kebisingan dan jauh dari polusi.
Hutan pinus Nglimut
Hutan pinus Nglimut

17. Pabrik Gula Cepiring, Melihat Proses Pembuatan Gula

Pabrik gula Cepiring Kendal kini berubah menjadi salah satu tempat wisata yang terdapat di Kendal.sejak akhir 2015 pabrik gula ini berhenti beroperasi dan dibah menjdi tempat wisata edukatif. Bangunon kuno yang didirikan Belanda pada tahun 1835 ini saat ini menjadi tempat bersejarah di Kendal seperti halnya di Semarang yaitu Lawang sewu yang juga merupakan bangunan kuno yang dijadikan tempat wisata.
Pabrik gula cepiring
Pabrik gula cepiring

18. Wisata Alam Bukit Selo Arjuno Limbangan dan Bukit Bligo

Bagi petualang sejati hal tersebut taka kaan menjadi masalah. Jangan khawatir seiring berjalannya waktu untuk menuju puncak bukit kini telah dibuat anak tangga untuk memudahkan pengunjung dan yang lebih amannya lagi di atas bukit sudah terdapat pagar pengaman. Fasilitas tambahan seperti adanya kanopi untuk berteduh pengunjung terdapat di bukit Bligo. Setelah sampai di atas bukit pemandangan indah suasaa perbukitan dapat pengunjung nikmati dan sangat cocok untuk dijadikan view untuk berfoto.

Bukit selo arjuno dan bukit Blogo ini berlokasi di di desa Kedungboto Dusun Watu Lawang Kecamatan Limbangan, Kendal. Jaraknya sekitar 40 km dari pusat kota Kendal. Untuk menuju tempat wisata ini hanya dapat menggunakan kendaraan pribadi karena belum adanya akses angkutan umum yang menjangkau. Jika dari arah pusat kota Kendal dapat melewati Kaliwungu-Boja-Limbangan ikuti arah menuju curug Glawe. Kondisi jalan yang masih berupa aspal rusak tak menjadi hambatan bagi petualang sejati, karena dispanjang perjalanan pengunjung akan disuguhi pemandangan persawahan yang enak dipandang mata.
Bukit Selo Arjuno Kendal
Bukit Selo Arjuno Kendal

19. Danau Banaran Kendal, Tempat Selfie Paling Menarik di Kendal

Danau banaran Kendal, danau yang terkenal dengan keunikan warna airnya yang kehijauan ini mampu menambah keindahan. Mulanya danau ini merupakan danau buatan yang berungsi untuk pengairan kebun cengkeh yang ada di dekatnya. Sebelum sampai di tempat wisata danau banaran pengunjung akan disambut dengan bukut hijau yang tersusun rapi nan indah serta enak dipandang mata. Pemandangan hijau khas perbukitan dapat pengunjung nikmati dilengkapi dengan sejuknya udara segar.

Danau tersebut masih dalam keadaan asri, terbukti masih terdapat banyak jenis ikan air tawar yang bertempat tinggal di danau Banaran salah satunya adalah jenis ikan wader yang memang biasa hidup di daerah rawa, sungai, ataupun danau. Di sekitar danau juga masih banyak pohon- pohon hijau yang rindang. Hal itu semakin menambah daya tarik pengunjung untuk datang ke tempat wisata ini
Danau Banaran Kendal
Danau Banaran Kendal

Belum ada Komentar untuk "19 Tempat Wisata di Kendal yang Wajib dikunjungi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel