Lokasi Goa Kiskendo Kendal, Untaian Stalagnit di dalam Gua

Masih ingat dengan mata pelajaran geografi mengenai stalaktit dan stalakmit salah satunya adalah goa kiskendo. Ketika kalian berkunjung ke tempat wisata yang satu ini kalian akan mengingatnya, karena disini kalian akan menemukan bentuk menyerupai kedua hal tersebut.

Goa Kiskendo ini terbentuk selama ratusan tahun dari resapan air yang turun dan terkumpul di dalam goa lalu terbentuklah pesona di dalam gua seperti batu Stalakmit dan Stalaktit. Stalaktit dan Stalakmit adalah bentuk alam khas daerah Karst. Stalaktit dan Stalakmit terbentuk akibat dari proses pelarutan air di daerah kapur yang berlangsung secara terus menerus.

Goa Kiskendo Untaian Stalagnit di dalam Gua
Goa Kiskendo Untaian Stalagnit di dalam Gua
Air yang larut di daerah karst akan masuk kelubang-lubang (doline) kemudian turun ke gua dan menetes-netes dari atap gua ke dasar gua. Tetesan-tetesan air ini lama-lama berubah jadi batuan yang bentuknya runcing-runcing seperti tetesan air. Stalaktit adalah batu yang terbentuk di atap gua, bentuknya meruncing kebawah, sedangkan stalakmit adalah batu yang terbentuk di dasar gua bentuknya meruncing keatas. Selain Goa kiskendo, di kabupaten Kendal juga terdapat destinasi wisata baru yang tak kalah menarik yaitu Wisata Pulau Tiban yang terletak di daerah panati Kabupaten Kendal

Di dalam gua terdapat anak- anak goa yang masing- masing mempunyai nama yang berbeda, seperti Gua Lawang, Gua Kampret, Gua Pertapaan, dan Gua Kempul. Menambah keindahan gua, di dalam gua Kiskendo juga terdapat sungai yang mengalir disertai dengan pemandangan stalaktit dan stalakmit yang indah. Bagi kalian yang memiliki hobi olahraga panjat tebing dengan mengunjungi gua Kiskendo ini bisa menyalurkannya, karena terdapat tebing-tebing Gua Kiskendo untuk mendukung olahraga tersebut.

Lokasi Goa Kiskendo Kabupaten Kendal

Gua Kiskendo berlokasi di Trayu kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Jaraknya 15 KM dari kota Kendal. Banyak jalur yang bisa dilaui untuk sampai di tempat wisata ini.  Jika dari arah selatan, bisa melalui jalur Kecamatan Boja,sedangkan jika  melalui arah utara, bisa melalui jalur Kecamatan Kaliwungu yang jaraknya lebih kurang delapan kilometer. Jika ingin  berkunjung kewisata ini di sarankan untuk sering bertanya kepada warga sekitar karena akses jalan menuju gua masih sangat minim petunjuk arah.

Tiket Masuk Ke Goa Kiskendo

Biasa untuk masuk ke dalam gua pun sangat terjangkau hanya perlu membayar biaya parkir Rp.2.000,- dan tarif masuk Rp.4000,- per orang. Kesan pertama ketika memasuki gua Kiskendo kalian akan merasakan hembusan angin sejuk dan gemericik air sungai yang terdapat di dalam gua. Walau gua ini belum banyak pengunjungnya karena terkesan misterius namun tidak akan mengurangi  pesona keindahan alam yang masih asri dalam gua.
Goa Kiskendo Untaian Stalagnit di dalam Gua
Goa Kiskendo Untaian Stalagnit di dalam Gua

Belum ada Komentar untuk "Lokasi Goa Kiskendo Kendal, Untaian Stalagnit di dalam Gua"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel