Persilangan Dihibrid, Cara Cepat Mengerjakan Persilangan Dihibrid Untuk Ujian Nasional Biologi

Persilangan dihibrid merupakan persilangan yang membutuhkan waktu lama dalam mengerjakan soalnya terutama ketika mengerjakan ujian nasional biologi SMA, karena harus membuat kotak 16 untuk mengerjakan soal persilangan dihibrid yaitu pada penentuan F2 nya.

Hal ini tentu akan menyita waktu banyak untuk mengerjakan soal ini. Disamping membutuhkan waktu yang banyak, tingkat ketelitian untuk menentukan genotip dan fenotipnya juga dibutuhkan konsentrasi yang tinggi, maka dari soal jenis ini memiliki tingkat kesalahan mengerjakan yang tinggi jika tidak teliti dalam menyilangkannya. Berikut contoh persilangan dihibrid


Disilangkan tanaman kacang ercis biji bulat warna kuning dengan biji keriput warna hijau. Bulat dominan terhadap keriput, kuning dominan terhadap hijau. Tentukan F2 nya
persilangan dihibrid

persilangan dihibrid
Cara di atas adalah cara dalam persilangan dihibrid yang benar, sesuai dengan teori dimana yang disilangkan adalah gametnya, namun membutuhkan waktu yang lama dalam pengerjaan soalnya.

Berikut adalah trik mengerjakan persilangan dihibrid supaya waktu yang dibutuhkan dalam mengerjakan lebih singkat dengan ketelitian yang lebih baik

Disilangkan mangga manis besar(MmBb) dengan mangga manis besar(MmBb). Manis dominan terhadap asam, dan besar dominan terhadap kecil. Tentukan perbandingan fenotip dari persilangan tersebut.
cara cepat, persilangan dihibrid
Persilangan dihibrid apabilang menggunakan alur yang benar maka gamet disilangkan dengan gamet, untuk trik ini bukan gamet yang disilangkan tetapi manis disilangkan dengan manis, besar disilangkan dengan besar, perhatikan garis lengkung diatas dimana Mm x Mm, dan Bb x Bb(masih ingat bukan cara melakukan persilangan monohibrid). Maka nantinya akan dihasilkan untuk persilangan Mm x Mm dihasilkan 1 MM, 2 Mm, dan 1 mm. begitu juga Bb x Bb, hasilnya 1 BB, 2 Bb, 1 bb.

Nah setelah ketemu hasilnya, maka tahap selanjutnya adalah 1MM dikalikan dengan 1 BB hasinya adalah 1MMBB, 1MM dikalikan dengan 2 Bb hasilnya 2MMBb, 1MM dikalikan dengan 1bb hasilnya 1MMbb. Hal ini juga berlaku untuk yang bawahnya sampai penggabungannya selesai.

Hasil akhirnya maka didapatkan manis besar jumlahnya 9, manis kecil jumlahnya 3, asam besar jumlahnya 3, dan asam kecil jumlahnya 1, mudah bukan.

Untuk membuktikan bahwa cara ini benar, coba buat persilangan tersebut sama persis tetapi menggunakan cara biasa yang menggunakan kotak kotak, dan bandingkan hasilnya. Sama atau tidak.

Selamat belajar

Belum ada Komentar untuk "Persilangan Dihibrid, Cara Cepat Mengerjakan Persilangan Dihibrid Untuk Ujian Nasional Biologi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel