Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kesalahan yang Sering dilakukan Saat Melakukan Titrasi ASam Basa

Kesalahan dalam Titrasi

Dalam titrasi sering terjadi kesalahan – kesalahan yang menyebabkan hasil yang diperoleh tidak teliti dan tepat. Beberapa kesalahan dalam titrasi sebagai berikut :

a. Kesalahan menentukan titik akhir titrasi Kesalahan yang terjadi apabila titik akhir titrasi tidak tepat sama dengan titik ekuivalensi (≤ 0,1%). Titrasi dihentikan saat larutan berubah warna yang ditunjukan oleh indikator. 

Oleh karena itu, indikator yang dipilih harus mempunyai trayek pH disekitar titik ekuivalen. Terkadang titik akhir titrasi menunggu terjadinya perubahan warna larutan sehingga titran sudah terlalu banyak ditambahkan

b. Indikator bereaksi dengan analit atauu indikator bereaksi dengan titran

c. Kesalahan membaca volume titran

d. Konsentrasi larutan titran yang tidak tepat. Beberapa larutan standar perlu distandarisasi karena konsentrasi berubah selama masa penyimpanan.

e. Peralatan yang tidak bersih mempengaruhi konsentrasi dan ketepatan titrasi.


Materi Kimia Kelas X, XI, dan XII bisa dilihat disini


Referensi:

Fauziah, Nenden. 2009. Kimia 2 : SMA dan MA Kelas XI IPA. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. 

Kurniawan, Bayu. dkk. 2019. Belajar Praktis Kimia Mata Pelajaran Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Klaten : Viva Pakarindo. 

Partana, CF., Antuni W & Eko S.2009. Mari Belajar Kimia untuk SMA/MA Kelas XI IPA Jilid 2. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. 

Permana, Irvan. 2009. Memahami Kimia 2 : SMA/MA Untuk Kelas XI, Semester 1 dan 2 Program Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. 

Qurniawati, Annik., Narum YM & Risha R.2019. Pegangan Guru Kimia untuk SMA/MA Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Klaten : PT Penerbit Intan Pariwara. 

Utami, budi., A. N. C. Saputro., L. Mahardiani., S. Yamtinah., B. Mulyani. 2009. Kimia 2 : Untuk SMA/MA Kelas XI, Program Ilmu Alam. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Posting Komentar untuk "5 Kesalahan yang Sering dilakukan Saat Melakukan Titrasi ASam Basa"