Lokasi Air tiga Rasa Rejenu, Air Istimewa dari Gunung Muria

Berwisata di kudus, khususnya area colo muria belum lengkap jika belum mengunjungi primadona wisata alam kota kudus yang satu ini, wisata alam yang hanya ada di kota kudus yaitu Air tiga rasa Rejenu. Wisata alam kota kudus ini sebenarnya merupakan lokasi makam salah satu ulama timur tengah yang menyebarkan agama islam di semenanjung Muria. Di dekat air tiga rasa yaitu lokasinya ada di bawah air tiga rasa juga terdapat wisata alam yaitu Air terjun montel

Air tiga Rasa Rejenu, Air Istimewa dari Gunung Muria
Air tiga Rasa Rejenu, Air Istimewa dari Gunung Muria
Ulama tersebut bernama Syaikh Sadzali. Banyak cerita menyebutkan bahwa ulama Syaikh Sadzali merupakan muris dari Sunan Muria. hal ini didukung oleh Makam syaikh Sadzali yang berlokasi tidak jauh dari makam sunan muria, tepatnya di atas air terjun montel.
Konon Air Tiga Rasa Rejenu merupakan karomah yang dimiliki oleh Syekh Sadzali sehingga jika dirasakan dengan seksama, tiga sumber air yang tidak pernah surut meski dimusim kemarau ini akan memiliki tiga rasa yang berbeda. Menurut kepercayaan masyarakat setempat (argo jembangan) air pertama berasa masam yang dapat berkhasiat menyembuhkan penyakit, air kedua memiliki rasa seperti soda yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan air yang terakhir memiliki rasa seperti tuak/arak yang berkaitan dengan rejeki.
Air tiga Rasa Rejenu, Air Istimewa dari Gunung Muria
Air tiga Rasa Rejenu, Air Istimewa dari Gunung Muria
Namun tidak semua orang yang mencicipi air-air tersebut dapat merasakan rasa khas yang menjadi keistimewaan di wisata alam kota kudus yang satu ini. Wisatawan harus yakin dan percaya bahwa air tersebut memiliki keistimewaan, jika ada keraguan biasanya rasanya akan sama saja dengan rasa air tawar disungai sekitar lokasi tersebut. Masyarakat pun menyebutkan bahwa ketiga air tersebut apabila dicampur akan menghasilkan rasa tawar seperti layaknya air pada umumnya. Air tiga rasa rejenu sebetulnya berada dalam satu kompleks wisata alam air terjun montel dan makam Sunan Muria.

Lokasi Air Tiga Rasa Rejenu

Wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi tersebut hanya bisa menggunakan ojek, kendaraan roda dua, maupun menempuhnya dengan berjalan kaki. Wisatawan yang melakukan perjalanan menuju ke lokasi Air Tiga Rasa Rejenu akan disuguhi panorama hijau pegunungan muria yang masih asri. Deru air terjun akan mengiringi perjalanan dari kejauhan. Suasana hutan dan pedesaan yang begitu kental sangat sesuai untuk berlibur. –LR-


Belum ada Komentar untuk "Lokasi Air tiga Rasa Rejenu, Air Istimewa dari Gunung Muria"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel