Tiket Masuk dan Rute ke Pulau Tiban Kendal, Destinasi Wisata Pantai Kab Kendal

Wisata Pulau Tiban adalah nama sebuah pantai yang berada di Patebon Kendal. Walau disebut pulau, namun tempat ini hanya digunakan untuk julukan sebuah pantai Kartika Jaya. Pulau Tiban sebenarnya adalah semacam semenanjung. Daratan yang konturnya memanjang dan menyambung dengan daerah dermaga. Bukan sebuah daratan terpisah yang dikelilingi  laut.

Belum terdapat akses jalan yang mudah untuk dilalui dengan berjalan kaki. Hanya terdapat hutan dan tambak milik warga sekitar sehingga tidak layak untuk dilewati, selain itu jika berjalan kaki jarak yang harus dilalui lebih jauh daripada melalui jalur air. Jika ke Kabupaten Kendal selain Pulau Tiban juga terdapat wisata lain yang tak kalah menarik yaitu Pantai Cahaya Kendal yang merupakan onjek wisata berupa pantai

Wisata Pulau Tiban Destinasi Wisata Pantai Kab Kendal
Wisata Pulau Tiban Destinasi Wisata Pantai Kab Kendal

Keindahan pulau Tiban dengan hiasan di kanan kiri  tedapat pohon Cemara. Di tei pulau ditanami tanaman bakau. Di tengah- tengah pulau terdapat sebuah warung yang menyediakan jajanan dan minuman. Suasana di tempat wisata masih terbilang sepi dan sunyi karena belum banyak pengunjung yang datang ke wisata ini. Pulau Tiban diresmikan sebagai objek wisata pada tanggal 28 November 2014.
Pulau Tiban kini dikelola Pokdarwis yang melibatkan masyarakat desa setempat. Pulau ini  dahulu merupakan laut lepas yang tidak berpantai. Fasilitas- fasilitas yang terdapat di Pulau Tiban diantaranya adalah warung yang menyediakan jajanan dan minum. Mushola Toilet Tempat duduk yang di sediakan di berbagai sisi pohon.

Pulau Tiban terbentuk dari abrasi pantai yang terjadi selama bertahun-tahun. Hal ini diketahui oleh warga sekitar yang  melihat adanya  gundukan pasir di tengah pantai yang semakin terlihat, kemudian warga sekitar berinisiatif untuk menanaminya dengan cemara dan magrove agar abrasi tidak semakin parah. Seiring berjalannya waktu daratan yang terbentuk ini kini sudah mencapai dua hektar dengan panjang pantainya lebih dari dua kilometer, dari situ tercetus dengan nama Pulau Tiban. Warga berinisiatif menjadikan tempat tersebut  sebagai destinasi tempat wisata kabupaten Kendal yang kini menjadi primadona masyarakat.
Wisata Pulau Tiban Destinasi Wisata Pantai Kab Kendal
Wisata Pulau Tiban Destinasi Wisata Pantai Kab Kendal

Lokasi Wisata Pulau Tiban

Wisata Pulau Tiban terletak di desa Kartika Jaya Kecamatan Patebon, Kendal. Ada 2 rute yang dapat dilalui untuk sampai ke Pulau Tiban . Pertama dari alun-alun Kendal di lampu merah lurus saja ke Utara. Kemudian ambil arah ke Kartikajaya / Patebon. Setelah sampai ke Jl. Kartikajaya ambil arah ke Utara lagi. Ikuti petunjuk jalan menuju ke pulau tiban ( kawasan wisata ).

Rute kedua dapat  melalui Patebon / Jambearum, dari batas kota Kendal Patebon ambil masuk ke jalan kecil di kanan jalan ( kalau dari Semarang, sebelum kantor pos ). Lurus terus sampai mentok ke pertigaan. Ambil kiri kemudian pertigaan kedua belok kanan. Ikuti petunjuk jalan yang ada. Jika masih bingung bisa bertanya kepada warga sekitar mengenai jalan menuju pulau Tiban.

Tiket Masuk Wisata Pulau Tiban Kendal

Kendal memiliki banyak tempat wisata murah, seperti halya Pulau Tiban. Untuk memasuki pulau ini  cukup mengeluarkan biaya parkir Rp.2000/ untuk sepeda motor, dan Rp.5.000/ untuk mobil. Untuk dapat menikmati keindahan pulau Tiban masih perlu menaiki perahu dengan biaya Rp16.000 perahu, Rp20.000 kapal. Jadi tak perlu biaya mahal untuk dapat berlibur. Hati senang kantong pun tenang.

Belum ada Komentar untuk "Tiket Masuk dan Rute ke Pulau Tiban Kendal, Destinasi Wisata Pantai Kab Kendal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel