Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembentukan Minyak Bumi dan Komposisi Minyak Bumi

Minyak bumi 

Minyak bumi terbentuk dari hasil penguraian bahan-bahan organik dari tumbuh-tumbuhan dan hewan yang ada di darat maupun di laut selama berjuta-juta tahun. Pada proses ini, bakteri pengurai mengubah senyawa kompleks tersebut menjadi senyawa hidrokarbon. 

Karena pengaruh suhu dan tekanan yang sangat tinggi terbentuklah minyak bumi. Minyak bumi mentah, atau biasa disebut minyak mentah adalah hidrokarbon cair kental hitam dan berbau yang mengandung 500 jenis hidrokarbon dari suku ke-1 sampai ke-50 pada umumnya terdiri dari campuran rumit senyawa alifatik dan aromatis serta sedikit senyawa sulfur dan nitrogen. 

Minyak bumi memiliki komposisi yang berbeda-beda dalam setiap sumur, meski secara umum sama. 

Komposisi Minyak Bumi 

Komposisi utama minyak bumi yaitu senyawa hidrokarbon. Di samping senyawa-senyawa hidrokarbon, minyak bumi pada umumnya mengandung unsur-unsur belerang, nitrogen, oksigen, dan logam (khususnya vanadium, nikel, besi, dan tembaga). 

Secara umum, komposisi minyak bumi dapat digolongkan sebagai berikut: 

a. Senyawa n-alkana 

Senyawa alkana merupakan komponen utama minyak bumi. Pada suhu kamar, metana dan etana berupa gas. Metana dan etana merupakan komponen utama LNG. Sementara itu, propana dan butana merupakan komponen utama LPG berbentuk cair. 

b. Senyawa sikloalkana 

Senyawa sikloalkana merupakan komponen terbesar kedua setelah n-alkana. Senyawa sikloalkana yang paling banyak terdapat pada minyak bumi yaitu siklopentana dan sikloheksana. 

c. Senyawa isoalkana 

Hanya sedikit isoalkana yang terkandung dalam minyak bumi. Isoalkana adalah alkana jenuh yang rantai induknya mempunyai atom C tersier dan bercabang, contoh isooktana. Alkana disebut juga parafin.

d. Senyawa aromatik 

Hanya sedikit senyawa aromatik dengan titik didih rendah dalam minyak bumi.


Materi Minyak Bumi Kimia SMA Kelas XI

  1. Pembentukan Minyak Bumi dan Komposisi Minyak Bumi
  2. Tahapan Pengolahan Minyak Bumi Materi Kimia SMA Kelas XI
  3. Tahapan Pengolahan Minyak Bumi Materi Kimia SMA Kelas XI
  4. Mutu Bensin dan Cara Meningkatkan Bilangan Oktan Bensin Materi Kimia SMA Kelas XI
  5. Dampak Pembakaran Bahan Bakar dan Cara Mengatasinya

Referensi

Hermawan. Dkk. 2009. Aktif Belajar Kimia : untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Permana, Irvan. 2009. Memahami Kimia 1 : SMA/MA Untuk Kelas X, Semester 1 dan 2 Program Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Pusat Perbukuan,Departemen Pendidikan Nasional

Rahayu, Imam. 2009. Praktis Belajar Kimia 1 : Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Setyawati, AA. 2009. Kimia : Mengkaji Fenomena Alam Untuk Kelas X SMA/MA. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Utami, budi., A. N. C. Saputro., L. Mahardiani., S. Yamtinah., B. Mulyani. 2009. Kimia 2 : Untuk SMA/MA Kelas XI, Program Ilmu Alam. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Posting Komentar untuk "Pembentukan Minyak Bumi dan Komposisi Minyak Bumi"