Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Mudah Mengatasi Windows 10 Lemot

Windows 10 merupakan operating sistem pada komputer yang paling banyak digunakan, namun kadang mucul saja permasalahan yang meynebabkan windows 10 menjadi semakin lemot bahkan hanya sekedar membuka microsoft office word saja terasa sangat lambat sekali. Hal ini tentunya menyebabkan kita menjadi jengkel dan tidak sabar.

Cara Mengatasi Windows 10 Lemot dapat dilakukan beberapa cara antara lain

1. Matikan / disable program startup

Startup akan aktif secara otomatis ketika windwos 10 pertama kali dihidupkan jika program-program startup dalam kondisi enable. Jika komputer atau laptop anda memiliki spesifikasi rendah maka ini dapat memberatkan loading pertama kali ketika komputer / laptop dihidupkan sehingga windows 10 terasa sangat lambat. Untuk mematikan / disable program-program yang berjalan saat menghidupkan windows 10 lakukan langkah berikut.

  1. Tekan keybord ctrl + alt + delete secara bersamaan maka nanti akan muncul tampilan seperti berikut


  2. Klik Task Manager maka akan muncul tampilan seperti berikut ini


     
  3. Klik Startup kemudian klik pada name, lihat pada status jika tertulis Enable, klik Disable, lokasi disable ada di pojok kanan bawah. Lakukan untuk semua program yang masih kondisi enable untuk didisable. Khusus untuk antivirus jangan didisable, biarkan dalam kondisi enable. Misalnya jika di komputer / laptop terinstal antivirus AVG, Avast, Smadav, dll dibagian Name nanti akan muncul nama antivirusnya.

  4. Jika sudah sesuai dengan instrukti pada artikel Cara Mengatasi Windows 10 Lemot maka paling tidak windows 10 anda saat pertama kali dihidupkan akan lebih cepat dibanding biasanya.

2. Matikan Fitur Auto Update dan Download Windows 10

Saat pertama kali windows 10 diinstal pertama kali maka fitur autoupdate dan download otomatis akan aktif secara default. Fitur ini akan otomatis mencari update terbaru dari windows 10 jika komputer atau laptop anda tekoneksi internet. Jika hal ini terjadi selain mengakibatkan lemot juga akan mengakibatkan koneksi internet anda akan lemot juga karena digunakan untuk download update windows 10. 

Fitur ini berkaitan dengan program yang berjalan dibawah background secara otomatis dengan nama program windows module installer, program ini menjalankan perintah untuk melakukan instal update secara otomatis yang mengakibatkan CPU menjadi 100%. 

Untuk mematikan fitur ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut
  1. Klik Windows pojok kanan bawah kemudian pilih setting


  2. Setelah diklik setting maka akan muncul tampilan setting, klik Update & Security


  3. Klik Windows Update disebelah kiri kemudian klik Pause update for 7 days


  4. Setelah melakukan langkah tersebut masih ada langkah lagi untuk memaksimalkan mengenai windows update ini. Caranya ketik run pada kolom pencarian disamping logo windows, kemudian pilih program run


  5. Ketik services.msc kemudian klik OK


  6. Jika sudah akan muncul tampilan seperti berikut ini, scroll kebawah sampai ketemu Windwos Module Installer, lihat bagian Startup Type jika masih Automatic ganti dengan manual.


  7. Cara untuk mengganti menjadi manual silahkan klik 2x secara cepat pada Windows Modul Installer maka akan muncul tampilan seperti ini, klik Startup type kemudian pilih manual dan klik OK


  8. Jika sudah seharusnya windows 10 anda sekarang sudah lebih cepat dibanding sebelum melakukan langkah-langkah Cara Mengatasi Windows 10 Lemot ini
Jika masih bingung menerapkan cara ini silahkan pelajari Cara Mudah Mengatasi Windows 10 Lemot lewat youtube pada link ini https://www.youtube.com/watch?v=B8pMrccOnBY

Posting Komentar untuk "2 Cara Mudah Mengatasi Windows 10 Lemot"