Lokasi dan Tiket Masuk Museum Kretek Kota Kudus

Aktifitas dan kehidupan masyarakat Kota Kudus tak lepas dari sejarah dan adat istiadat. Sejarah mengenai wali songo salah satunya adalah Sunan Kudus, sejarah tentang kota kretek yang sangat melekat sebagai identitas kota Kudus. Kudus memiliki museum-museum yang dapat merepresentasikan kudus tempo dulu antara lain Museum Kretek Kota Kudus dan museum Jenang Mubarok Kota Kudus yang dikenal menampilkan gambaran tentang Kudus tempo dulu.

Dibangunnya Museum kretek kota kudus bertujuan untuk mengingat perkembangan industri kretek yang maju pesat di daerah jawa terutama kota kudus. Satu-satunya museum rokok Indonesia ini menampilkan dokumentasi proses produksi rokok dari tradisional hingga modern.
Museum Kretek Kota Kudus, Napak Tilas Industri Rokok Kretek
Museum Kretek Kota Kudus, Napak Tilas Industri Rokok Kretek
Didirikan pada tahun 1986, destinasi wisata sejarah kota kudus ini menyimpan berbagai macam koleksi mengenai sejarah kretek. Museum kretek kota kudus dibangun diatas lahan seluas 2,5 Ha melalui dana dari Persatuan Pengusaha Rokok Kudus.

Lokasi dan Akses menuju Museum Kretek Kota Kudus

Tempat wisata kota kudus yang bernilai sejarah ini berlokasi di Jl. Getas Pejaten No. 155 Kecamatan Jati Kabupaten Kudus, dengan nomer Telp. (0291) 440545. Berlokasi dekat dengan pusat kota, Museum Kretek mudah dijangkau oleh kendaraan apapun, namun sayang lokasi wisata sejarah kota kudus ini tidak dilalui angkutan umum maupun angkutan perdesaan.

Wisatawan yang menggunakan transportasi umum dapat memanfaatkan Taksi ataupun ojek baik konvensional maupun online untuk dapat dijumpai di area terminal Jati Kudus. Tiket masuk ke Museum kretek kota Kudus ini pun cukup murah, hanya berkisar antara Rp. 1500,- hingga Rp. 2000,- per orang pada hari minggu dan hari besar.
Museum Kretek Kota Kudus, Napak Tilas Industri Rokok Kretek
Museum Kretek Kota Kudus, Napak Tilas Industri Rokok Kretek

Fasilitas Museum Kretek

Museum Kretek sebagai salah satu destinasi wisata sejarah kota kudus memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari fasilitas umum seperti area parkir, mushola, toilet, gerai souvenir, kantin, dll. Selain fasilitas umum museum kretek juga dilengkapi dengan area bermain anak seperti waterboom, ember tumpah, mini movie.

Di Area Museum Kretek Kota Kudus ini pun terdapat sebuah bangunan replika Rumah Adat Kudus yang khas dengan aksen Jawa. Datang ke Museum ini selain untuk berekreasi juga dapat sebagai wisata edukasi, tak heran jika beberapa sekolah kerap kali datang mengunjungi Museum Kretek bersama dengan siswa untuk melakukan one day fieldtrip. –LR-

Belum ada Komentar untuk "Lokasi dan Tiket Masuk Museum Kretek Kota Kudus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel