Sejarah dan Rute Ke Makam Sunan Kudus

Julukan kota kudus sebagai kota santri tak lepas dari kesan religi kota ini. Wisata Religi Kota Kudus menjadi salah satu penunjang sektor pariwisata. Makam Sunan Kudus, Makam Sunan Muria merupakan tempat wisata kota kudus yang menjadi destinasi utama para peziarah kudus maupun peziarah luar kudus. Hampir setiap hari lokasi tersebut ramai oleh pengunjung. Terutama pada bulan bulan menjelang Ramadhan wisata religi makam Sunan Kudus akan penuh sesak oleh peziarah dari berbagai kota.

Wisata Religi Makam Sunan Kudus di Pusat Kota Kudus
Wisata Religi Makam Sunan Kudus di Pusat Kota Kudus
Objek wisata lainnya yang masih berada di kota Kudus adalah Wisata alam air Terjun Montel yang satu lokasi dengan Makam Sunan Muria yang terletak di Gunung Muria. Jika ingin tahu lebih jauh mengenai objek wisata Air Terjun Montel bisa di baca di artikel Wisata Alam Air Terjun Montel

Sejarah Berdirinya Menara Kudus

Makam Sunan Kudus yang memiliki nama asli Syekh Jafar shodiq ini merupakan makam salahsatu wali songo. Bangunan Masjid menara Kudus yang dibangun pada tahun 1549 oleh Sunan Kudus ini mengawinkan budaya Hindu dan Islam. Arsitektur hindu sangat kental pada ornamen masjid dan Makam Sunan Kudus. Desain menara dengan mengekspos batu bata merah dan aksen keramik di dinding meninggalkan kesan tentang kebudayaan Hindu yang dulu pernah ada di kota Kudus.

Hal tersebut menjadikan Masjid menara Kudus memiliki keunikan tersendiri. Kawasan Wisata Religi Makam Sunan Kudus dikelilingi oleh bangunan bangunan tua khas daerah kauman kudus yang dapat digunakan untuk berfoto.  Setiap tahunnya di kawasan Makam Sunan Kudus hingga Alun-alun simpang 7 Kudus akan berlangsung Tradisi Dandangan. Tradisi ini berlangsung dua minggu sebelum bulan Ramadhan dan berakhir saat subuh hari pertama di bulan Ramadhan.
Wisata Religi Makam Sunan Kudus di Pusat Kota Kudus
Wisata Religi Makam Sunan Kudus di Pusat Kota Kudus


Lokasi dan Akses menuju Wisata Religi Makam Sunan Kudus

Makam Sunan Kudus berada di desa Kauman kecamatan Kota, lokasi ini berada ditengah kawasan perdagangan Kudus. Hal tersebut menyebabkan akses bus pariwisata ke lokasi Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus tidak diijinkan. Rombongan peziarah yang menggunakan bus pariwisata harus menaiki becak atau ojek yang telah disediakan di area Taman Parkir Makam Sunan Kudus yang lokasinya cukup jauh apabila ditempuh dengan berjalan kaki. Tarif becak kurang lebih Rp. 12.000,-.

Becak dan ojek dikawasan Wisata Religi Kota kudus sudah merupakan organisasi resmi dan bertuliskan angkutan wisata kawasan tersebut. Peziarah yang menggunakan kendaraan umum dapat menggunakan angkutan umum berwarna ungu dengan trayek Terminal induk Jati-terminal Jetak. Selain itu peziarah juga dapat menggunakan jasa taksi yang ada disekitar Terminal induk. Sampai saat ini tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk masuk ke kawasan Makam Sunan Kudus dan Masjid Menara Kudus.

Fasilitas di Kawasan Makam Sunan Kudus

Makam Sunan Kudus sebagai kawasan Wisata Religi Kota Kudus dilengkapi dengan beberapa fasilitas antara lain toilet dan tempat wudlu dikawasan Masjid menara, deretan pertokoan yang menjual buku, barang-barang khas Kudus, dan oleh-oleh. -LR-

Peta Lokasi Wisata Religi Makam Sunan Kudus


Belum ada Komentar untuk "Sejarah dan Rute Ke Makam Sunan Kudus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel