Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Rinci Sistem dan Lingkungan pada Termokimia

Sistem adalah bagian dari alam semesta yang menjadi pusat perhatian kita, sedangkan lingkungan adalah bagian dari alam semesta diluar sistem yang berinteraksi dengan sistem.

Sistem dapat dibedakan menjadi tiga macam berdasarkan interaksinya dengan lingkungan, yaitu sistem terbuka, sistem tertutup dan sistem terisolasi. 

1. Sistem terbuka

Sistem terbuka apabila antara sistem dengan lingkungannya dapat terjadi perpindahan energi dan materi. 

Contohnya: Mereaksikan logam seng dan larutan asam klorida HCl dalam tabung reaksi terbuka. Kalor yang dihasilkan dan gas hidrogen yang terbentuk dapat keluar dari sistem ke lingkungan. 

2. Sistem tertutup 

Sistem tertutup adalah suatu sistem yang tidak memungkinkan untuk terjadi perpindahan materi tetapi dapat terjadi perpindahan energi antara sistem dan lingkungan. 

Contohnya: Mereaksikan logam seng dan larutan asam klorida HCl dalam tabung reaksi yang ditutup rapat. Kalor yang dihasilkan dapat berpindah dari sistem ke lingkungan sedangkan gas hidrogen yang terbentuk tidak dapat keluar sistem. 

3. Sistem terisolasi 

Sistem terisolasi adalah sistem yang tidak memungkinkan untuk terjadi perpindahan materi maupun energi antara sistem dengan lingkungannya. 

Contohnya: Mereaksikan logam seng dan larutan asam klorida HCl dalam wadah yang dilapisi penyekat tahan panas, seperti termos. Kalor yang dihasilkan dan gas hidrogen yang terbentuk tidak dapat keluar dari sistem.
Penjelasan Rinci Sistem dan Lingkungan pada Termokimia

Referensi 

Watoni, AH., Dini K & Meta J.2016. Kimia untuk Siswa SMA/MA kelas XI. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Utami, B., Agung NCS., Lina M., Sri Y., Bakti M. 2009. Kimia untuk SMA/MA kelas XI Program Ilmu Alam. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Permana, Irvan.2009. Memahami Kimia SMA/MA untuk Kelas XI Semester 1 dan 2. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Suwardi., Soebiyanto& Th.Eka W. 2009. Panduan Pembelajaran Kimia untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Kalsum, S., Poppy KDM & Hasmiati S. 2009. Kimia 2 Kelas XI SMA/MA. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Materi Terkait Termokimia
  1. Penjelasan Rinci Sistem dan Lingkungan pada Termokimia
  2. Penjelasan Energi Dalam (E) dan Entalpi (H) pada Termokimia
  3. Contoh Soal dan Penjelasan Reaksi Eksoterm dan Endoterm pada Termokimia
  4. Contoh Soal dan Penyelesaian Persamaan Termokimia
  5. Kalorimeter dan Contoh Soal Kalorimeter
  6. 3 Contoh dan Penyelesaian Perhitungan Hukum Hess
  7. Hubungan Hukum Hess dan Entalpi Pembentukan Beserta 3 Buah Contoh yang Sering Keluar
  8. Hubungan Hukum Hess dan Energi Ikatan Beserta Contoh Soalnya

Posting Komentar untuk "Penjelasan Rinci Sistem dan Lingkungan pada Termokimia"