Cara Menghitung Potensial Sel Standar

Potensial sel (E°sel) merupakan beda potensial yang terjadi pada kedua elektrode. Potensial dapat ditentukan dengan cara mengukur potensial listrik yang timbul dari pengga-bungan dua setengah sel menggunakan voltmeter atau potensiometer. Potensial sel juga dapat dihitung dengan cara menghitung selisih potensial elektrode yang digunakan. Secara matematis dapat dituliskan seperti berikut


Katode merupakan elektrode yang mempunyai harga E° lebih besar, sedangkan anode merupakan elektrode yang mempunyai harga E° lebih kecil

Contoh perhitungan potensial sel standar

Berdasarkan potensial standar elektrode diketahui.

a. Tentukan potensial sel standar (E sel)
b. Tuliskan reaksi selnya.

Jawab
Brom memiliki potensial elektrode standar positif, sehingga sebagai katode (kutub positif) dan magnesium sebagai anode (kutub negatif).

Pada katode terjadi reaksi reduksi, sedangkan pada anode terjadi reaksi oksidasi, maka persamaan reaksi di atas yang terjadi pada anode harus dibalik reaksinya supaya menjadi reaksi oksidasi. Magnesium sebagai anode, maka reaksinya harus dibalik sehingga reaksi sel yang terjadi sebagai berikut.


Contoh perhitungan potensial sel standar

Diketahui data potensial elektrode sebagai berikut:

Ramalkan apakah reaksi tersebut dapat berlangsung spontan?

Jawab
Oleh karena E° positif, berarti reaksi berlangsung spontan. Oleh karena sel elektrokimia mempunyai dua kutub, berarti bahwa salah satu dari elektrode tersebut adalah positif (katode) dan elektrode yang lain adalah negatif, sehingga aliran elektron mengalir secara spontan dari anode ke katode.


Referensi
Sukmanawati, W. 2009. Kimia untuk SMA dan MA Kelas XII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Partana, C. F. & Wiyarsi, A. 2009. Mari Belajar Kimia untuk SMA-MA Kelas XII IPA. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghitung Potensial Sel Standar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel