Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Hormon pada Kelenjar Tiroid dan Kelenjar Paratiroid

A. Kelenjar Tiroid

Kelenjar ini terdapat di dae- rah leher dan terdiri atas 2 lobus. Kelenjar tiroid mensekresikan hormon tiroksin, yang mempunyai fungsi dalam mempengaruhi proses metabolisme, meningkatkan jumlah panas yang diha- silkan oleh tubuh.

Kekurangan hormon ini sebelum dewasa dapat mengakibatkan terjadinya penyakit kretinisme (kerdil). Apabila kekurangan hormon tiroksin ini terjadi pada saat sudah dewasa, maka dapat menyebabkan miksedema, yaitu suatu kelainan yang terjadi apabila laju metabolisme rendah, dan kelebihan berat badan. Kekurangan tiroksin ini biasanya diakibatkan karena kurangnya konsumsi yodium.

Jenis dan Fungsi Hormon pada Kelenjar Tiroid dan Kelenjar Paratiroid
Jenis dan Fungsi Hormon pada Kelenjar Tiroid dan Kelenjar Paratiroid
Jika terjadi sebaliknya, yaitu suatu keadaan apabila kadar hormon tiroksin berlebih, maka akan menyebabkan basedow, yaitu suatu keadaan seseorang yang aktivitas kerjanya bertambah tetapi badannya kurus.

B. Kelenjar Paratiroid

Kelenjar ini juga terdapat di daerah leher di bagian dorsal, kelenjar tiroid dan terdiri atas 4 bagian. Kelenjar ini berfungsi mensekresikan hormon yang disebut parathormon.
Jenis dan Fungsi Hormon pada Kelenjar Tiroid dan Kelenjar Paratiroid
Jenis dan Fungsi Hormon pada Kelenjar Tiroid dan Kelenjar Paratiroid

Hormon parathormon memiliki fungsi, antara lain:

  1. menaikkan kadar kalsium di dalam darah dengan melepaskan kalsium itu dari tulang;
  2. menaikkan absorbsi kalsium dari makanan dalam usus;
  3. menaikkan reabsorbsi kalsium dalam tubulus ginjal.

Dari fungsi ini dapat kita ketahui bahwa hormon ini sangat erat hubungannya dengan kalsium yang ada dalam tubuh. Apabila jumlah hormon ini berlebih, akan mengakibatkan jumlah kalsium dalam darah bertambah sehingga dapat menyebabkan pengendapan kalsium di dalam ginjal. Kondisi seperti ini menyebabkan terjadinya pembentukan batu ginjal. Adapun kekurangan hormon ini akan menyebabkan kejang otot yang dinamakan tetanus.

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Hormon pada Kelenjar Tiroid dan Kelenjar Paratiroid"