Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyakit pada Organ Reproduksi Manusia

Sistem reproduksi manusia sangat perlu dijaga dari berbagai penyakit yang mungkin timbul karena sistem reproduksi manusia merupakan alat untuk memperoleh keturunan. Meskipun demikian sistem reproduksi bisa mansuia bisa terserang penyakit dan kelainan, berikut beberapa penyakit dan kelaianan pada sistem reproduksi manusia

1. Penyempitan Saluran Telur/Oviduk

Kelainan ini merupakan faktor bawaan, tetapi adapula yang disebabkan karena infeksi kuman tertentu. Saluran oviduk yang sempit akan membuat sperma sulit untuk menjangkau bagian dalam saluran tersebut, sehingga menyebabkan pembuahan sulit terjadi.

2. Mandul (Infertilitas)

Mandul dapat terjadi pada laki-laki maupun perempuan. Mandul berarti seorang laki-laki atau wanita tidak dapat memproduksi sel-sel sperma maupun ovum. Faktor paling besar dipengaruhi oleh gangguan hormon reproduksi.

3. Impotensi

Kelainan ini dialami oleh laki-laki, yaitu suatu keadaan penis yang tidak dapat melakukan ereksi (tegang), sehingga sulit untuk melakukan kopulasi (fertilisasi). Biasanya impotensi disebabkan oleh faktor hormonal, yaitu terhambatnya fungsi hormon reproduksi, bisa juga disebabkan oleh faktor psikologis atau emosional seseorang.

4. Kanker Cerviks (Mulut Rahim)

Gangguan ini dialami oleh wanita. Penyakit ini dapat disebabkan oleh virus atau bakteri dan biasanya menyerang seorang wanita usia 45 ke atas. Pada mereka persentase terbesar penyakit kanker adalah kanker cerviks
8 Penyakit dan Kelainan pada Sistem Reproduksi Manusia
8 Penyakit dan Kelainan pada Sistem Reproduksi Manusia

5. Kanker Payudara

Penyakit ini juga rentan menyerang wanita. Seorang wanita yang tidak pernah menyusui besar kemungkinan dapat menderita penyakit ini.

6. Sifilis

Sifilis disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum, penyakit ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual, transfusi darah, atau luka mikroskopis.

7. Herpes simplex

Penyakit ini disebabkan karena virus herpes simplex tipe II yang menye- rang kulit di daerah alat reproduksi luar. Gejala penyakit ini adalah gatal- gatal, kemerahan di kulit, pedih dan timbul beberapa lepuh kecil, yang kemu- dian menjadi keruh dan pecah.

8. Endometriosis

Endometriosis merupakan kelainan, antara lain yaitu terdapatnya ja- ringan endometrium di luar rahim. Gejalanya ketika menstruasi terasa nyeri. Rasa nyeri ini disebabkan pengelupasan jaringan endometriosis.

Posting Komentar untuk "Penyakit pada Organ Reproduksi Manusia"