Lokasi dan Rute Meunju ke Gua Gunung Wangi Pemalang

Pada setiap daerah pasti memiliki tempat wisata alam berupa gua. Begitu juga dengan Pemalang, terdapat gua unik yaitu gua Gunung Wangi yang terdiri atas lima gugusan gua dengan luas 0,5 Hektar. Setiap gugusan gua memiliki keunikan tersendiri. Gugusan gua yang pertama adalah gua pengantin.

Di dalam gua penganten terhampar pemandangan gua yang sangat luas. Seperti gua pada umumnya di dalam gua ini sangat tajam bau kotoran kelelawar yang menandakan bahwa gua pengantin dijadikan sebagai sarang Kelelawar. Ketika berkunjung ke tempat wisata gua Gunung Wangi pengunjung disarankan untuk membawa penerangan sendiri karena kondisi gua pada umumnya memang gelap.

Menelusuri Keindahan Gua Gunung Wangi Pemalang
Menelusuri Keindahan Gua Gunung Wangi Pemalang
Alasan pemberian nama gua pengantin yaitu terkait dengan bentuk fisik gua. Gua pengantin tersusun atas lubang-lubang karang layaknya rumah siput. Terdapat pula berbagai bentuk stalaktit. Diantara stalaktit tersebut terbentuk dua buah bongkahan batu yang menyerupai bentuk sepasang manusia yang berada di pelaminan dengan menggunakan pakaian khas Jawa. Stalaktit yang mengelilingi ruangan gua jika diamati bentuknya menyerupai ruangan tempat sedang diadakannya resepsi. Gugusan yang kedua yaitu Gua Siluman.

Kesan mistik akan terasa ketika memasuki gua siluman. Gua ini sering dijadikan untuk melakukan ritual “ngalap berkah”, hal ini karena di mulut goa masih sering terdapat sisa pembakaran dupa. Gua Laren merupakan gugusan gua yang ketiga. Gua Laren memiliki keunikan yaitu pada bagian muka/depannya tanpa atap dengan panjang sekitar 9-0 meter.

Pada ujung gua terdapat seperti pintu masuk untuk menuju ruangan yang menyerupai ruangan bawah tanah dan ke muka jurang. Yang keempat yaitu gua Buyung, gugusan gua ini merupakan gugusan terbesar dan terpanjang. Diperkirakan ujung lorong gua menembus sampai perbatasan Jawa Barat. Tak terbayang betapa luasnya gua Laren ini. Gugusan yang terakhir yaitu gua Bandung. Jangan salah menyebutkan nama gua yang terakhir ini karena namanya hampir mirip dengan nama makanan yaitu kue Bandung.

Gua Gunung Wangi berjarak sekitar lebih kurang 26 km sebelah barat daya pusat kota Pemalang. Gua ini terletak di Desa Glandang Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang. Lokasi tempat wisata ini berada di daerah yang cukup pelosok karena kecamatan Bantarbolang berada di jalur Pemalang-Purbalingga. Akses jalan yang dilalui yaitu melewati jalan Pemalang-Randudongkal. Untuk menuju lima gugusan gua pengunjung perlu berjalan kaki terlebih dahulu sekitar 50 meter.

Gua ini belum mendapatkan pengelolaan yang baik sehingga untuk masuk ke tempat wisata ini belum dikenakan biaya apapun. Wajar pula jika belum terdapat fasilitas pendukung layaknya tempat wisata. namun jangan khawatir karena gua gunung wangi dilengkapi dengan pemandangan alam yang enak dipandang mata dan sangat cocok untuk menenangkan pikiran.

Belum ada Komentar untuk "Lokasi dan Rute Meunju ke Gua Gunung Wangi Pemalang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel