Keindahan Alam Wisata Hutan Mangrove Mojo Pemalang

Hutan Mangrove Mojo memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Banyak alasan pengunjung yang mendatangi tempat wisata ini ketika liburan tiba. Salah satunya adalah memiliki keindahan pemandangan tempatnya dan sangat cocok untuk dijadikan destinasi tempat berfoto dengan hasil yang bagus. Pesona keindahan ditawarkan menjadikan tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing.

Keindahan Alam Wisata Hutan Mangrove Mojo
Keindahan Alam Wisata Hutan Mangrove Mojo
Tempat wisata dengan luas sekitar 2.350 hektar yang terdiri atas hutan mangrove 410 hektar dan 1.940 hektar pertambakan. Tempat wisata hutan Mangrove ini memiliki berbagai manfaat diantaranya merupakan wisata edukasi berupa pertambakan yang membudi daya kepiting dan ikan dengan pola silvo fishery, sebagai potensi pengembangan ekosistem mangrove serta dapat pula dikembangkan sebagai kawasan hutan pantai yang berupa sabuk hijau cemara laut (casuarina equisetifolia) dengan lus 82 hektar. Pada umumnya hutan mangrove sendiri memiliki manfaat seperti mengurangi abrasi tanah. Salinitas tanah yang tinggi mengalami penggenangan pasang surut air laut.

Hutan Mangrove Mojo berlokasi ujung sungai comal tepatnya di Mojo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. Letak hutan Mangrove Mojo ini cukup mudah dijangkau. Bagi pengunjung yang tidak mengendarai kendaraan pribadi dan memilih kendaraan umum, pengunjung dapat naik bis umum atau angkutan lainnya lalu berhenti di Kecamatan Ulujami setelah itu melanjutkan perjalanan dengan munggunakan jasa ojek menuju desa Mojo yang tidak lain adalah lokasi Hutan Mangrove Mojo. Tempat wisata ini berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Pemalang.
Pada mulanya daerah ini hanya berupa sungai Comal yang terdapat muara berpotensi untuk ditanami mangrove dan dikembangkan menjadi wisata hutan mangrove.
Keindahan Alam Wisata Hutan Mangrove Mojo
Keindahan Alam Wisata Hutan Mangrove Mojo

Tiket Masuk ke Hutan Mangrove Mojo

Beberapa fasilitas yang terdapat di Hutan Mangrove Mojo yaitu area parkir kendaraan, musala, kamar mandi, tempat istirahat, dan lain-lain. Pengunjung juga dapat mengelilingi dan menikmati pesona keindahan hutan Mangrove Mojo di atas kapal. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 10.000,-/orang.

Pihak pengelola hutan Mangrove Mojo menyediakan tiga perahu milik masyarakat yang siap mengatarkan pengunjung untuk mengelilingi hutan. Letaknya yang jauh dari jalan raya dan kurangnya promosi mengakibatkan tempat wisata ini belum banyak yang mengetahui. Namun, jangan khawatir di tempat wisata ini selalu banyak pengunjung yang datang hanya untuk sekadar menyegarkan pikiran dengan menikmati suasana khas laut.

Peta Lokasi Hutan Mangrove Mojo Pemalang

Belum ada Komentar untuk "Keindahan Alam Wisata Hutan Mangrove Mojo Pemalang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel