Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah dalam Titrasi Asam Basa dan Indikator Asam Basa

1. Titrasi asam basa

Titrasi adalah prosedur prosedur yang dilakukan untuk menentukan kemolaran/kadar suatu asam/basa berdasarkan reaksi netralisasi.

Istilah dalam titrasi asam-basa:
  1. Pentiter, zat yang mentitrasi suatu asam/basa yang akan ditentukan kemolarannya.
  2. Daerah perubahan pH drastis, daerah dimana penambahan sedikit tetes pentiter akan mengubah warna indikator asam-basa. 
  3. Titik ekuivalen, titik dimana asam dan basa tepat habis bereaksi. 
  4. Titik akhir titrasi, titik dimana indikator asam-basa mengalami perubahan warna. 

2. Indikator asam-basa

Titrasi asam-basa dilakukan menggunakan sebuah indikator asam-basa dan zat pentiter. Indikator asam-basa yang baik untuk titrasi:

1. Punya trayek perubahan pH yang berada pada atau sekitar titik ekuivalen. 

2. Perubahan warna terlihat jelas dan tajam.

Indikator yang digunakan adalah indicator yang pKa atau pKb nyamendekati pH saat titik ekuivalen. Sebagai contoh fenolftalein untuk titrasi asam kuat-basa kuat atau asam lemah-basa kuat. Indikator fenolftalein dalam air mengalami reaksi sebagai berikut : 


Dalam suasana asam kesetimbangan indicator fenolftalein akan bergeser ke kiri dan menjadi tidak berwarna. Sebaliknya dalam suasana basa kesetimbangan indicator fenolftalein akan bergeser kekanan dan berwarna merah muda. 



Jadi, trayek pH fenolftalein antara 8,2 – 10,2 dengan berubahan warna dari tidak berwarna menjadi merah muda.

Materi Kimia Kelas X, XI, dan XII bisa dilihat disini


Referensi:


Fauziah, Nenden. 2009. Kimia 2 : SMA dan MA Kelas XI IPA. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Kurniawan, Bayu. dkk. 2019. Belajar Praktis Kimia Mata Pelajaran Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Klaten : Viva Pakarindo.

Partana, CF., Antuni W & Eko S.2009. Mari Belajar Kimia untuk SMA/MA Kelas XI IPA Jilid 2. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Permana, Irvan. 2009. Memahami Kimia 2 : SMA/MA Untuk Kelas XI, Semester 1 dan 2 Program Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Qurniawati, Annik., Narum YM & Risha R.2019. Pegangan Guru Kimia untuk SMA/MA Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Klaten : PT Penerbit Intan Pariwara.

Utami, budi., A. N. C. Saputro., L. Mahardiani., S. Yamtinah., B. Mulyani. 2009. Kimia 2 : Untuk SMA/MA Kelas XI, Program Ilmu Alam. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Posting Komentar untuk "Istilah dalam Titrasi Asam Basa dan Indikator Asam Basa"