Pengertian, Rumus, dan Contoh Pengaruh Ion Senama Terhadap Kelarutan

Suatu larutan elektrolit, akan terurai menjadi ion-ionnya dalam larutannya, misalnya pada larutan jenuh AgCl. Apa yang terjadi jika larutan jenuh AgCl ditambahkan larutan NaCl? Dalam larutan jenuh AgCl terdapat kesetimbangan antara AgCl padatan dengan ion-ion Ag+ dan Cl-.
Natrium klorida (NaCl) dalam air akan terurai menjadi ion Na+ dan Cl- menurut rekasi berikut.


Larutan NaCl mempunyai ion senama dengan larutan jenuh AgCl, yaitu ion Cl- . Jika larutan NaCl ditambahkan kedalam larutan jenuh AgCl, maka akan terjadi peningkatan konsentrasi ion Cl- dalam larutan. Sesuai dengan azas Le Chatelier, penambahan konsentrasi ion Cl- akan menggeser kesetimbangan kearah kiri sehingga mengurangi jumlah AgCl yang larut.

Dapat disimpulkan bahwa dengan menambah ion senama akan memperkecil kelarutan, artinya elektrolit akan semakin sukar larut. Ion senama tidak akan mempengaruhi harga tetapan hasil kali kelarutan (Ksp), asalkan suhu tidak berubah.

Contoh soal Pengaruh Ion Senama Terhadap Kelarutan 

Jika diketahui Ksp AgCl adalah 2 x 10^-10 mol.L^-1, bandingkanlah kelarutan AgCl dalam:
a. Air murni
b. Larutan NaCl 0,1M

Jawab:



Kelarutan AgCl dalam air murni sebesar 1,41 x 10^-5 mol.L-1 , jauh lebih besar daripada kelarutan AgCl dalam larutan NaCl yang besarnya 2 x 10^-9 mol.L-1 . dengan demikian telah terbukti bahwa adanya ion senama akan memperkecil kelarutan suatu elektrolit.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Rumus, dan Contoh Pengaruh Ion Senama Terhadap Kelarutan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel