Prediksi Terbentuknya Endapan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

Telah diketahui bahwa nilai Ksp ditentukan berdasarkan konsentrasi ion-ion yang terbentuk dalam larutan jenuh pada suhu tertentu. Dengan demikian, nilai Ksp dapat digunakan untuk menentukan terbentuknya endapan atau tidak yang terjadi dari dua buah larutan elektrolit yang dicampurkan. Jika ditinjau senyawa ionik AmBn mengandung ion A^n+ dan ion B^m- .

untuk meramalkan apakah endapan AmBn dapat terbentuk atau tidak ketika kalian mereaksikan dua larutan yang mengandung ion A^n+ atau ion B^m- , maka kalian harus mengetahui hasil kali konsentrasi (Qsp) dari ion-ion tersebut, yang dinyatakan sebagai berikut

dengan membandingkan nilai Ksp dan Qsp , kita akan dapat meramalkan terbentuk atau tidaknya endapan.
Qsp < Ksp , pada kondisi ini, pencampuran dua ion dengan muatan berbeda membentuk larutan elektrolit yang mengandung ion-ion bebas. Larutan belum mencapai tingkat jenuh. Qsp = Ksp , pada kondisi ini, pencampuran dua ion dengan muatan berbeda membentuk larutan jenuh. Qsp > Ksp , pada kondisi ini, pencampuran dua ion dengan muatan berbeda mencapai keadaan lewat jenuh sehingga membentuk endapan.

Contoh Soal Prediksi Terbentuknya Endapan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

Jika 500 mL larutan AgNO3 10^-1 M dicampurkan dengan 500 mL larutan NaCl 2 x 10^-6 M, apakah akan terbentuk endapan AgCl? (Ksp AgCl=1,6 x 10^-10 )
Jawab:
Setelah pencampuran:

Belum ada Komentar untuk "Prediksi Terbentuknya Endapan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel