Tiket Masuk dan Lokasi Pesona Curug Sibedil Pemalang, Wisata Yang Masih Terjaga Alamnya

Pemalang bukan hanya memiliki keindahan wisata pantainya saja. pemalang juga memiliki potensi wisata air berupa air terjun. Tempat wisata di Pemalang terbagi atas dua bagian untuk wilayah pantai terdapat di bagian selatan dan untuk wilayah utara adalah bagian bukit hijau, telaga, dan air terjun. Walaupun untuk wisata air terjunnya belum banyak yang tau bahwa Pemalang memiliki banyak wisata air terjun salah satunya dalah curug Sibedil. Selain curug sibedil di kabupaten pemalang juga terdapat tempat wisata di pemalang yang tidak kalah menarik yaitu Pantai Widuri Pemalang

Curug atau air terjun ini memiliki ketinggian 20 meter dan pancuran air yang banyak serta dilengkapi dengan hijaunya pemandangan di sekitar air terjun menambah daya tarik untuk mengunjungi tempat wisata ini.

Curug Sibedil Pemalang
Curug Sibedil Pemalang

Asal Muasal Curug Sibedil Pemalang

Asal mula nama ‘Sibedil’ terdapat dua cerita yang berbeda, cerita yang pertama ‘bedil’ dalam bahasa Indonesia berarti pistol. Pada zaman dahulu air yang jatuh dari air terjun yang menimpa bebatuan yang berada di bawahnya mengeluarkan bunyi menyerupai tembakan meriam atau pistol. Cerita yang kedua terdapat batu golong-gilig (serupa tongkat) yang mirip seperti moncong meriam.
Dari batu tersebut keluar suara yang menyerupai tembakan meriam. Konon ketika malam Jumat kliwon bunyi itu selau terdengar tepatnya di waktu sore menjelang magrib. Namun saat ini bunyi tembakan meriam itu sudah tidak terdengar lagi. Nama ‘Sibedil’ diambil untuk memudahkan pengucapan dan agar mudah diingat.

Curug Sibedil berada di Dusun Karangbulu, Desa Sima, Kecamatan. Moga, Pemalang. Jarak air terjun ini sekitar 35 km dari pusat kota Pemalang. Waktu tempuh untuk menuju ke curug Sibedil sekitar 25-35 menit dengan menggunakan kendaraan. Curug Sibedil sendiri terletak di daerah lembah gunung Slamet. Curug ini tak pernah mendapat perhatian dari pemerintah Pemalang terkait dengan pembangunan fasilitas tempat wisata. Fasilitas yang ada merupakan hasil dari swadaya masyarakat setempat. Belum terdapat biaya untuk masuk ke curug Sibedil.
Curug Sibedil Pemalang
Curug Sibedil Pemalang
Tempat ini sangat cocok untuk menangkan pikiran dan merasa dekat dengan alam karena suasananya yang jauh dari hirup pikuk perkotaan. Curug ini dilengkapi dengan tumbuhan yang berada di dinding-dinding air terjun dengan warna air yang hijau di muara serta bebatuan besar yang terdapat dibawah curug yang siap menerima jatuhnya air dari curug.

Peta Lokasi Curug Sibedil Pemalang


Belum ada Komentar untuk "Tiket Masuk dan Lokasi Pesona Curug Sibedil Pemalang, Wisata Yang Masih Terjaga Alamnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel