Tiket Masuk, Lokasi, dan Fasilitas Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta seringkali menjadi tujuan utama ketika berkunjung ke Jogja. Taman Pintar merupakan jenis wisata edukasi yang berisi perpaduan sebuah inovasi, teknologi, dan permainan yang bertujuan untuk menambah pengetahuan pengunjung terutama anak-anak. Taman pintar dikonsep sebagai tempat untuk belajar sekaligus rekreasi.

Taman Pintar dibangun di atas tanah seluas 12.000 m2. Pada mulanya ide berdirinya taman pintar ini muncul dari seorang Walikota Yogyakarta bernama Herry Zudianto SE, Akt, MM. Beliau terinspirasi dari adanya pusar peragaan iptek yang berada di TMII, Jakarta. Taman Pintar masih terbilang baru, dibangun pada tahun 2006 dan diresmikan tahun 2007 oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sultan Hamengku Buwono X.

Tiket Masuk, Lokasi, dan Fasilitas Taman Pintar Yogyakarta
Taman Pintar Yogyakarta, Berwisata Sambil Belajar

Berdasarkan konsep yang diusung Taman Pintar Yogyakarta, tempat wisata ini menyediakan alat peraga dan wahana belajar. Taman pintar terbagi menjadi enam area yang berbeda-beda isi materinya diantaranya Gedung Memorabilia, Gedung Kotak di lantai 2, Gedung Ovaldi lantai 2, Gedung oval di lantai 1, Gedung Paud barat dan timur dan Playground Area. Area-area tersebut terbagi lagi menjadi beberapa wahana seperti Teknologi Canggih dan populer, Jembatan Sins, Titian Sains, Taman bermain, Titian Penemuan, Indonesiaku, dan penjelajah kecil.

Selain itu terdapat beberapa fasilitas pendukung seperti temapt parkir yang luas, kamar madi, musala, toko souvenir, perpustakaan, laboratorium, toko buku, dan yang tak kalah menarik menyediakan ruang pertunjukkan di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Tiket Masuk ke Taman Pintar Yogyakarta

Harga tiket untuk bisa masuk ke Taman Pintar yaitu Rp. 10.00-,- untuk anak-anak dan Rp. 18.000 untuk orang dewasa. Pengunjung wajib membeli tiket terlebih dahulu untuk mengunjungi setiap area yang terdapat di Taman Pintar. Untuk Playground area pengunjung tidak dikenakan biaya apapun atau gratis, untuk Gedung Paud Barat dan Timur, Anak-anak usia 2 – 7 tahun biayanya hanya Rp.1.000,-,
Tiket Masuk, Lokasi, dan Fasilitas Taman Pintar Yogyakarta
Tiket Masuk, Lokasi, dan Fasilitas Taman Pintar Yogyakarta
Untuk masuk ke Gedung Oval dan Kotak, Rp. 5000,- bagi anak usia 5-18 tahun, Rp. 10.000,- bagi orang dewasa, lalu untuk masuk ke Gedung Memorabilia cukup membayar Rp.1.000,- untuk anak-anak, dan Rp.2.000 untuk orang dewasa. Taman Pintar buka dari hari Selasa sampai hari Minggu mulai pukul 08.30- 16.00 WIB

Taman Pintar berada di Jalan Penembahan Senopati Nomor 3, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata ini lokasinya mudah dijangkau, jika dari Terminal Giwangan bisa naik bus kota jalur 4 ataupun 10 lalu trun di depan Benteng Vredeburg. Dilanjutkan berjalan kaki ke arah timur menuju taman pintar. Tempat wisata ini sangat cocok untuk menambah pengetahuan terutama sains bagi anak-anak.

Belum ada Komentar untuk "Tiket Masuk, Lokasi, dan Fasilitas Taman Pintar Yogyakarta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel