Lokasi dan Tiket Masuk ke Museum Affandi Sleman Yogyakarta

Museum Affandi adalah museum yang di dalamnya terdapat kumpulan lukisan dari seorang pelukis yang bernama Affandi Koesoema. Lebih dari 300 koleksi lukisan yang dipasang di museum Affandi. Pada mulanya museum ini hanya terdiri atas galeri 1 yang dibangun dengan biaya hasil penjualan lukisan yang dibuat oleh Affandi.

Bangunan tersebut diresmikan pada tahun 1974 oleh Direktur Kebudayaan Umum, Ida Bagus Mantra. Pembangunan museum dilakukan secara bertahap dalam kurun waktu yang cukup lama. Galeri 2 museum Affandi dibangun pada tahun 1987 dan diremikan pada tahun 1998 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Fuad Hasan. Tak lama setelah peresmian galeri 2, pada tahun 1999 dilanjutkan pembangunan museum Affandi untuk Galeri 3. Pada tahun 2002 dibangun galeri 4. Jadi museum Affandi hingga saat ini memiliki 4 galeri yang masing-masing memiliki koleksi lukisan yang bertema bebeda.
Berwisata Sambil Belajar Seni Lukis di Museum Affandi Sleman Yogyakarta
Berwisata Sambil Belajar Seni Lukis di Museum Affandi Sleman Yogyakarta


Keunikan Museum Affandi

Keunikan museum Affandi ini terletak pada arsitektur bangunan yang berbentuk menyerupai istana beratap kuncup hitam dan dikelilingi kehijauan tanaman serta pepohonan. Bangunan ini dirancang sendiri oleh Affandi Koesoema. Fasilitas yang terdapat di museum ini seperti adanya galeri-galeri yang berisi koleksi lukisan Affandi, bagi yang ingin belajar melukis ada pula studio yang disediakan , tempat parkir yang luas , serta juga sering digelar pameran dan pagelaran seni di musiu Affandi.
Berwisata Sambil Belajar Seni Lukis di Museum Affandi Sleman Yogyakarta
Berwisata Sambil Belajar Seni Lukis di Museum Affandi Sleman Yogyakarta
Museum Affandi bukan dijadikan sebagai tempat koleksi lukisan maestro Affandi saja, namun alat-alat komunikasi, kendaraan, barang- barang pribadi dan koleksi lukisan yang dibuat oleh anak dan teman-teman Affandi juga terdapat di museum ini. Jika pengunjung ingin berbelanja dan sekadar beristirahat setelah mengelilingi museum, terdapat semacam toko yang bernama Art Shop . toko tersebut menjual kaos, souvenir, serta barang- barang yang berhubungan dengan Affandi. Terdapat pula Loteng Cafe di sekitar komplek museum Affandi.

Tiket Masuk ke Museum Affandi

Harga tiket masuk museum Affandi adalah Rp 25.000 untuk wisatawan lokal, Rp 10.000 untuk anak-anak, dan Rp 50.000 untuk wisatawan dari mancanegara. Untuk anak 0-6 tahun tidak dipungut biaya ketika memasuki museum. Pengunjung akan mendapatkan voucher minuman di Loteng Cafe setelah membeli tiket masuk. Museum Affandi buka dari hari Senin sampai hari Sabtu mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB. Setiap hari Minggu maupun tanggal merah museum ini tidak dibuka.

Museum Affandi berada di Jalan Laksda Adisucipto No.167, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jalan tersebut merupakan jalan utama Jogja-Solo. Lokasi museum Affandi sangat strategis karena dekat dengan tempat umum seperti Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga dan mudah dijangkau dengan kendaraan umum. Jadi jangan lewatkan begitu saja ketika anda melewati jalan Laksda untuk memarkirkan kendaraan anda di depan Museum Affandi dan mengunjunginya.
Berwisata Sambil Belajar Seni Lukis di Museum Affandi Sleman Yogyakarta
Berwisata Sambil Belajar Seni Lukis di Museum Affandi Sleman Yogyakarta

Peta Lokasi Museum Affandi


Belum ada Komentar untuk "Lokasi dan Tiket Masuk ke Museum Affandi Sleman Yogyakarta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel