Tiket Masuk ke Candi Prambanan Sleman Jogja

Candi Prambanan atau sering disebut juga dengan candi Rorojonggrang merupakan candi peninggalan umat Hindu dan candi terbesar di Indonesia. Terkait dengan nama lain dari candi Prambanan ini diambil dari asal-usul tempat bersejarah ini. Dahulu kala diceritakan ada seorang putri yang bernama Rara Jonggrang.

Parasnya yang cantik mampu membuat seorang pangeran bernama Bandung Bondowoso jatuh cinta kepada Rara Jonggrang. Pangeran mengungkapkan perasaannya kepada sang putri. Rara Jonggrang memberikan syarat kepada Bandung Bondowoso agar ia bisa diterima cintanya, yaitu dengan membuat candi berjumlah 1000 arca dalam waktu semalam. Permintaan Roro Jonggrang akan dikabulkan oleh Bandung Bondowoso.

Wisata Candi Prambanan Sleman Jogja, Bukti Cinta Bandung Bondowoso
Wisata Candi Prambanan Sleman Jogja, Bukti Cinta Bandung Bondowoso
Syarat yang diberikan Rara Jonggrang untuk Bandung Bondowoso bermaksud untuk menolak cinta sehingga Roro Jonggrang berusaha agar syarat yang ia berikan tidak terpenuhi. Akhirnya Rara Jonggrang meminta bantuan kepada warga desa untuk menumbuk padi supaya ayam jantan berkokok dan itu artinya waktu pagi sudah tiba. Bandung Bondowoso jika ternyata Rara Jonggrang berbuat curang kepadanya, ketika ayam tersebut berkokok Bandung Bondowoso berhasil mebuat 999 candi dan mengutuk Roro Jonggrang sebagai candi yang ke-1000.

Jika berada di candi Prambanan pengunjung akan merasakan suasana kental agama Hindu. Karena di sekitar komplek candi Prambanan terdapat tiga candi yang menggambarkan kepercayaan umat Hindu yaitu candi Siwa, candi Brahma, dan candi Wisnu. Candi dengan ketinggian 47 meter atau 5 meter lebih tinggi dari candi Borobudur ini terletak di Desa Prambanan Kecamatan Bokoharjo Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Rute jalan menuju candi Prambanan ini cukup mudah karena candi ini berada di jalan raya Solo-Yogya. Pengunjung dapat menggunakan bis Transjogja yang berhenti di halte pasar Prambanan dan semua bis yang berasal dari arah Solo dapat mengantarkan tepat di depan candi Prambanan.
Wisata Candi Prambanan Sleman Jogja, Bukti Cinta Bandung Bondowoso
Wisata Candi Prambanan Sleman Jogja, Bukti Cinta Bandung Bondowoso
Adapun fasilitas yang terdapat di candi Prambanan diantaranya adanya hotel atau rumah penginapan, restoran, toko-toko cendera mata dan oleh-oleh. Pengunjung juga dapat menggunakan jasa pemandu wisata untuk mengelilingi sambil menjelaskan sejarah mengenai candi Prambanan. Untuk harga tiket masuk ke Candi Prambanan terdapat perbedaan antara wisatawan lokal dan wisatawan asing.

Harga tiket wisatawan lokal dewasa yaitu Rp 40.000 dan untuk anak- anak Rp 20.000. Sedangkan harga tiket wisatawan asing untuk orang dewasa 25 US$ dan anak- anak 10 US$.
Jika belum puas ke Jogja hanya mengunjungi candi Prambanan saja di sekitar komplek candi Prambanan terdapat tempat wisata lainnya seperti candi Sambisari, Ratu Boko, dan Candi Kalasan.

Peta Lokasi Candi Prambanan


Belum ada Komentar untuk "Tiket Masuk ke Candi Prambanan Sleman Jogja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel