Tiket Masuk dan Rute Menuju ke Air terjun Kedung Pedut Kulon Progo

Air terjun Kedung Pedut merupakan wisata alam air terjun yang memiliki beberapa kedung dengan nama yang berbeda-beda. Kedung adalah semacam air terjun namun arus air yang mengalir lebih kecil. Menariknya kedung-kedung tersebut terdiri atas beberapa warna yaitu warna putih jernih dan warna biru tosca.

Selain itu air terjun ini terdiri atas beberapa nama kedung diantaranya, kedung Merak, kedung Lanang, Kedung Merang, kedung Anyes, dan Kedung Wedok. Selain nama-namanya yang berbeda kedung-kedung tersebut juga dengan kedalaman yang berbeda yaitu antara 2-5 meter. Nama Kedung Pedut sendiri berasal dari cerita munculnya air terjun.

Fasilitas, Tiket Masuk, dan Rute ke Lokasi Air terjun Kedung Pedut Kulon Progo
Fasilitas, Tiket Masuk, dan Rute ke Lokasi Air terjun Kedung Pedut Kulon Progo
Air terjun kedung pedut ini muncul ketika musim hujan debit air semakin bertambah lalu menimbulkan adanya percikan air terjun yang turun dari atas tebing. Aliran air itu turun disertai kabut tipis yang menggumpal. Dari situlah lalu air terjun itu diberi nama Pedut yang berarti kabut tipis, karena di sekitar air terjun terdapat kedung, maka air terjun ini disebut dengan Kedung Pedut.

Fasilitas di Air Terjun Kedung Pedut

Adapun fasilitas pendukung yang terdapat di air terjun Kedung Pedut ini diantaranya, tempat parkir, gardu panjang, kursi, pancuran yang terbuat dari bambu, kamar mandi, dan jembatan panjang yang terbuat dari bambu. Seperti tempat wisata alam pada umumnya, harga tiket untuk masuk ke air terjun Kedung Pedut ini sangat terjangkau yaitu Rp 3.000,-/Orang dan biaya parkir Rp 2.000,- untuk motor dan Rp 5.000,- untuk mobil.

Rute ke Lokasi Air Terjun Kedung Pedut

Air terjun Kedung Pedut berada di desa Wisata Jatimulyo, Kecamatan Giri mulyo, Kulon Progo Yogyakarta. Keberadaan air terjun ini belum lama, air terjun ini dibuka pada bulan Februari 2015. Rute jalan menuju air terjun Kedung Pedut jika dimulai dari Tugu Jogja berjalan ke arah barat menuju perempatan bangjo.
Fasilitas, Tiket Masuk, dan Rute ke Lokasi Air terjun Kedung Pedut Kulon Progo
Fasilitas, Tiket Masuk, dan Rute ke Lokasi Air terjun Kedung Pedut Kulon Progo
Kemudian Melewati jalan Godean menuju pasar Godean lalu berjalan melewati jembatan sungai Progo mengikuti jalan menuju pasar Kenteng lalu menuju Tanjakan Pegunungan Menoreh hingga menemukan pertigaan belok kanan ke arah Goa Kinkendo ada pertigaan belok hingga menemui pertigaan Grojogan Mudal belok kiri ikuti jalan sampailah di Air Terjun Kedung Pedung. Setelah samapi di air terjun ini pengunjung masih harus berjalan sejauh 200 m dari tempat parkir. Namun jangan khawatir dalam perjalanan tersebut pengunjung akan disuguhi dengan perkebunan berpemandangan asri dan udara yang segar dengan akses jalan yang berbatu.

Peta Lokasi Air Terjun Kedung Pedut



Belum ada Komentar untuk "Tiket Masuk dan Rute Menuju ke Air terjun Kedung Pedut Kulon Progo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel