Tiket Masuk ke Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali atau sering disebut juga dengan Monjali merupakan tempat wisata bersejarah mengenai perjuangan pahlawan untuk mendapatkan kemerdekaan. Pada masa itu Yogyakarta merupakan kota revolusi yang penuh perjuangan. Dengan didirikannya monumen Jogja Kembali ini bertujuan untuk memperingati bahwa Yogyakarta pernah kembali menjadi ibu kota negara Indonesia pada 6 Juli 1996.

Pembangunan Monumen Jogja Kembali

Monjali mulai dibangun pada tanggal 29 Juni 1985 dan diresmikan pada tanggal 6 Juli 1989 oleh presiden pada masa itu adalah Soeharto. Desain bangunan tempat wisata ini sangat unik, berbentuk kerucut yang terdiri atas tiga lantai. Di lantai pertama terdapat musium, perpustakaan, dan kafetaria, lantai dua berisi 10 sajian pemandangan ukiran dengan patung dan latar belakang mengenai perjuangan mempertahankan Indonesia dari Belanda.

Wisata Sejarah Monumen Jogja Kembali, Mengenang Perjuangan Pahlawan Kemerdekaan
Wisata Sejarah Monumen Jogja Kembali, Mengenang Perjuangan Pahlawan Kemerdekaan
Bentuk kerucut sendiri melambangkan gunung yang berarti kesuburan dan melestarikan budaya. Keunikan lain pada bangunan monumen ini adalah terdapatnya 40 relief di sisi. Relief tersebut menggambarkan sejarah perjuangan pahlawan dalam mengalahkan Belanda.

Halaman luas yang terdapat di sisi luar biasanya digunkan untuk panggung pertunjukkan acara-acara tertentu dan dilengkapi dengan dinding yang bertuliskan nam-nama pahlawan Indonesia. Sebelum masuk ke dalam Monumen pengunjung akan disambut dengan Replika Pesawat Guntai dan Pesawat Cureng yang digunakan dalam peristiwa perjuangan kemerdekaan.
Wisata Sejarah Monumen Jogja Kembali, Mengenang Perjuangan Pahlawan Kemerdekaan
Wisata Sejarah Monumen Jogja Kembali, Mengenang Perjuangan Pahlawan Kemerdekaan

Tiket Masuk ke Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali buka dari hari Selasa hingga hari Minggu dimulai dari pukul 08-00 – 16.30 WIB. Tiket masuk untuk masuk ke Monjali ini relatif terjangkau hanya dengan Rp 10.000,-/orang terdapat diskon pula untuk pengunjung yang datang bersama-sama dengan jumlah di atas 30 orang akan diberi diskon 10% dan untuk pengunjung dari rombongan panti asuhan serta murid TK akan diberi diskon sebesar 50%.

Jadi lebih asyik datang bersama-sama ke tempat wisata ini agar biayanya lebih murah. Fasilitas yang terdapat di monumen Jogja Kembali ini diantaranya Auditorium, Cafetaria,kolam kecil yang berisi macam-macam ikan, Arena bermain anak, tempat parkir yang luas, kamar mandi, dan juga terdapat telepon umum.

Peta Lokasi ke Monumen Jogja Kembali

Monumen berbentuk kerucut dengan ketinggain sekitar 31,8 m ini berlokasi di Dusun Jongkang, Desa Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Akses jalan menuju Monjali ini jika dari perempatan Tugu Yogyakarta lurus hingga perempatan Ringroad lalu belok kiri, ambil arah sebaliknya dengan memotong jalan.

Berjarak sekitar 50 meter dari perempatan Ringroid berda di sebelah barat perempatan di sisi utara jalan. Mudah, murah dan banyak memberikan manfaat pastinya ketika mengunjungi tempat wisata edukasi serta bersejrah ini.

Belum ada Komentar untuk "Tiket Masuk ke Monumen Jogja Kembali"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel