Lokasi Kampung Teletubbies Nglepen Sleman

Setiap daerah memiliki keunikan kampung wisata tersendiri. Begitu pula Yogyakarta, daerah ini memiliki kampung anti gempa yakni Kampung Teletubbies. Bangunan rumah-rumah di kampung ini dibuat layaknya rumah Teletubbies sungguhan, berbentuk setengah lingkaran di tengah bukit hijau. Awalnya kampung Teletubbies bukanlah tempat wisata.


Bermula dari gempa Yogyakarta pada tahun 2006, perkampungan tersebut merupakan daerah yang terkena gempa paling parah, gempa tersebut mengakibatkan tanah amblas dan merusak rumah warga di daerah tersebut. Atas bantuan dari lembaga sosial luar negeri dibangunlah bangunan yang disebut rumah dome (kubah), rumah dengan bentuk setengah lingkaran. Rumah dome berbeda dengan rumah biasanya, rumah ini merupakan rumah anti gempa dan di dalam rumah ini terdiri atas dua lantai dengan terasa dingin ketika udara panas dan sebaliknya terasa hangat jika udara dingin.

Lokasi Kampung Teletubbies Nglepen

Kampung Teletubbies dahulu bernama “New Nglepen”, karena lokasinya yang terletak di Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, DIY. Jika dari pusat kota Yogyakarta ambil ke jalan Sultan Agung ikuti jalan hingga melewati jalan Kusumanegara, jalan Meguwo, Jlan Berbah Prambanan sampai di jalan Piyungan belok kiri jalan terus hingga menemui perempatan jalan Atren belok kanan lurus ikuti jalan hingga menemui petunjuk arah ke tempat wisata kampung Teletubbies.
Lokasi Kampung Teletubbies Nglepen Sleman
Lokasi Kampung Teletubbies Nglepen Sleman
Rumah-rumah dome di kampung teletubbies ini merumakan rumah warga, namun layaknya lingkungan tempat tinggal lainnya ada pula tempat umum seperti Musala, poliklinik dan Aula pertemuan warga yang berbentuk rumah dome. Tiket masuk ke kampung Teletubbies ini tidak ada nominalnya, pengunjung hanya perlu membayar seikhlasnya dan membyar biaya parkir RP. 2000,- untuk motor dan Rp.5000,- untuk mobil.

Walau dengan biaya seikhlasnya namun sudah terdapat fasilitas pendukung seperti gazebo atau menara pandang, taman, tempat parkir, kamar mandi, dan musala. Jika hari Minggu dan tanggal merah akan ada badut Teletubbies yang melengkapi kampung ini. Pengunjung dapat berfoto bersama teletubbies, sehingga terkesan bak di kampung Teletubbies sungguhan. Selain itu disedikan pula kereta kelinci agar pengunjung dapat menikmati tempat wisata ini sambil berkeliling menaiki kereta kelinci.

Belum ada Komentar untuk "Lokasi Kampung Teletubbies Nglepen Sleman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel