7 Cara memilih Durian Yang Bagus Agar Tidak Tertipu

Buah yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya oleh banyak penggemarnya, ya buah durian, buah satu ini memang emiliki magnet tersendiri bagi pecinta durian.  meskipun harganya bisa sangat mahal, namun tetap saja diburu kemana-mana ketika musim durian datang. Nama durian diambil dari kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk sehingga menyerupai duri.

Buah yang sering disebut sebagai King of Fruit ini memiliki aroma yang menyengat dan rasa yang manis. Aroma buah ini bisa menggiurkan siapa saja yang menciumnya, tapi siapa sangka untuk menikmati rasa buah durian yang manis ini kamu perlu usaha ekstra. Kerena tidak semua buah durian yang dijual di pasaran mempunyai rasa yang manis.

aroma durian
penjual memilih durian dengan mencium aroma durian

1. Abaikan bentuk fisiknya


Bentuk fisik dari durian tidaklah penting, jadi jangan tertipu oleh bentuk durian yang bagus.Warna dari kulit buah durian beragam. Mulai dari hijau, kekuningan, sampai kecoklatan. Jangan kira warna dari kulit ini mempengaruhi rasanya.

Warna kuning pada kulit durian tidak selalu menandakan bahwa durian tersebut sudah matang. Begitu juga dengan durian berkulit hijau, tidak selalu berarti belum matang. Di Indonesia sendiri rata-rata durian memiliki kulit agak kehijauan.

2. Pilih durian dengan bentuk bulat

Kalau dilihat lebih teliti lagi, sebenarnya nggak semua buah durian punya bentuk bulat. Ada beberapa buah durian yang memiliki bentuk sedikit lebih lonjong.
Saat kamu memutuskan untuk membeli durian, pilihlah dengan teliti. Pilih buah durian dengan bentuk yang bulat. Buah durian yang berbentuk bulat adalah tanda kalau buah itu memiliki daging yang banyak. Sedangkan buah durian yang berbentuk lebih lonjong biasanya berdaging buah lebih sedikit.

3. Dengar bunyi durian

Kamu bisa memilih durian yang baik dengan mendengarkan bunyi dari durian tersebut, caranya dengan memukul durian dengan pisau. Mintalah penjual untuk melakukan hal ini untuk kamu.

Jika durian yang dipukul bunyinya seolah teredam, itu tanda kalau durian tersebut sudah matang dan siap makan. Sedangkan jika durian tersebut berbunyi nyaring, itu tanda jika ia belum matang dan belum siap dimakan.

4. Pilih yang bertangkai pendek

Nah untuk memilih durian yang bagus, lihat juga bagian tangkainya. tangkai durian menentukan tebal dan tipisnya daging durian. Tangkai yang kecil dan panjang menujukkan bahwa daging buahnya tipis dan sedikit. buah durain yang memiliki tangkai tebal dan pendek menunjukkan bahwa durian tersebut memiliki daging yang tebal dan banyak. Tangkai dari buah durian ini berfungsi untuk menyalurkan karbohidrat ke batang pohon. Bila tangkai itu besar dan pendek, itu adalah tanda jika asupan karbohidrat dalam daging buah juga semakin besar.
durian enak
durian

5. Pilih yang berduri pendek

Selain duri yang pendek perhatikan juga tingkat kerapatan duri. Kalau bisa carilah buah yang berduri jarang.

6. Perhatikan aroma

Aroma sangat penting untuk melihat apa durian tersebut baik atau buruk kualitasnya. cobalah untuk mencium aroma dari masing-masing buah yang kamu amati. Buah durian yang benar-benar matang dan memiliki rasa manis, meskipun kulitnya belum terbuka akan memiliki aroma yang harum.

7. Hindari memilih buah durian yang telah terbuka

Biasanya saat memilih buah durian kebanyak orang akan tertarik dengan buah durian yang telah terbuka kulitnya. Pdahal buah durian yang sudah terbuka kulitnya pertanda jika buah tersebut sudah masuk angin sehingga membuat daging buah menjadi hambar. Jadi, sebaiknya ketika kamu melihat buah durian yang sudah terbuka kulitnya jangan dipilih.


Nah itu dia tips memilih durian yang bagus agar tidak menyesal ketika sudah di buka ternyata isinya tidak enak.., semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "7 Cara memilih Durian Yang Bagus Agar Tidak Tertipu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel