Cara Shutdown Windows 8 dan Windows 10 Agar Lebih Cepat

Punya laptop yang di dalamny terinstal operating system windows 8 ataupun 10...., tidak sabar untuk mematikan laptop ketika terburu-buru pergi, ini dia cara paling mudah untuk mempercepat proses hutdown windows 8 ataupun windows 10 dengan memanfaatkan fitur ataupun dengan mengedit sedikit apa yang terdapat di windows sobat. Langsung saja yuk simak beberapa cara di cara-search.com berikut ini
shutdown
shutdown

Matikan Fitur Fast Startup

Mempercepatshutdown_2Fitur Fast startup memang dapat mempercepat proses booting Windows 8 / 8.1, tetapi ini juga berpengaruh terhadap proses shutdown kita. Kenapa? karena fast startup mirip dengan hibernate, jadi nantinya saat proses shutdown berlangsung akan membutuhkan sedikit waktu karena menunggu data-data dikirim dan disimpan di hardisk.


Perlu diketahui bahwa dengan mematikan fast startup maka proses shutdown akan berlangsung lebih cepat, tetapi proses booting Windows 8 / 8.1 bakal lebih lambat.Jika yang kamu cari adalah proses shutdown yang cepat, maka matikan saja fitur fast startup di Windows 8 / 8.1. Cara mematikannya sama dengan cara menghidupkan fitur fast startup, namum kamu perlu menghilangkan centang pada opsi Turn on fast start-up.
turn on fast startup
turn on fast startup

Disable Clear Page File Pada Saat Shutdown

Secara default pada saat kamu melakukan proses shutdown, Pagefile.sys atau yang biasa disebut dengan Page file akan dibersihkan. Tentu saja proses pembersihan ini akan memakan waktu. Jadi bagi kamu yang ingin proses shutdown Windows nya menjadi lebih cepat, kamu bisa mematikan fitur ini.

Caranya bisa kamu lakukan dengan mendownload file WinPoin Reg ini dan menjalankannya. Di file tersebut sudah WinPoin buatkan 2 file reg untuk Enable dan Disable, jadi kamu bisa mengaktifkan atau mematikan fitur ini dengan mudah. download winpoin reg disini

Menggunakan Tweak Reg

Selain kamu bisa menggunakan reg file untuk Paging file, kamu juga bisa membuat Shutdown lebih cepat dengan menggunakan file reg yang sudah WinPoin buat berikut ini. File Reg ini terdiri dari AutoEndTasks, HungAppTimeout, WaitToAppKillTimeout, dan WaitToServiceKillTimeout. masing-masing dari file reg tersebut memiliki fungsinya yaitu.
  • AutoEndTasks : Menentukan berapa lama task yang berjalan ketika user mematikan komputer sebelum dilakukan Automatic EndTasks
  • HungAppTimeout : Menentukan berapa lama sistem menunggu proses ketika user menekan tombol endtask di Taskmanager.
  • WaitToAppKillTimeout : Waktu yang diberikan sistem ketika masih ada App yang berjalan sebelum di Force Close.
  • WaitToServiceKillTimeout : Waktu yang diberikan sistem ketika masih ada Service yang berjalan sebelum di Force Close.
Untuk script HungAppTimeout, WaitToAppKillTimeout dan WaitToServiceKillTimeout, kita sudah mengaturnya dalam interval waktu dua detik. Kamu dapat menggantinya sesuai keinginan dengan cara klik kanan pada file reg lalu pilih Edit.
tweakreg
Pada angka 2000, kamu dapat menggantinya sesuai keinginan dengan acuan 1000 = 1 detik. WinPoin tidak menyarankan kamu memberi value dibawah angka 1000. Setelah selesai save (CTRL + S) tutup dan kemudian merge ke sistem dengan cara klik 2x dan nantinya jika ada muncul notifikasi pilih OK.

Pastikan Tidak Banyak Background Process

Sama seperti ketika memperlambat proses startup, background process juga memperlambat proses shutdown. Untuk itu pastikan tidak ada banyak background process tidak penting yang berjalan di PC kamu. Kamu perlu memeriksanya melalui task manager dan mendisable startup process yang tidak kamu perlukan. Semakin sedikit background process yang berjalan, maka semakin cepat proses shutdown akan berlangsung.


http://winpoin.com/4-cara-mempercepat-shutdown-windows-8-8-1/ 

Belum ada Komentar untuk "Cara Shutdown Windows 8 dan Windows 10 Agar Lebih Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel