Rute Menuju ke Wana Wisata Ternadi, Wisata Baru Kota Kudus

Tiga Tahun belakangan Kudus sedang berbenah dan mengembangkan industri pariwisata. Tempat wisata kota kudus kian bertambah mulai dari wisata alam, wisata rakyat yang murah meriah, serta wisata ekstrim. Setiap tempat wisata kota kudus dapat dikategorikan ke dalam kategori-kategori tersebut. Namun berbeda dengan Wana Wisata Ternadi, Desa wisata yang kini sedang berkembang ini memiliki potensi wisata yang dapat mewakili ketiga kategori tersebut sekaligus.


Wana wisata ternadi sedang diminati remaja untuk memuaskan keinginan mereka tampil hits dengan foto-foto menarik di gardu pandang berlatar pemandangan bukit dan landscape kota kudus. Para wisatawan yang ingin bersantai dan berekreasi di lokasi indah dengan biaya yang murah, sangat diterima di wana wisata ini karena tiket masuk yang sangat murah.

Para bikers penggemar extreme sport downhill pun dapat menguji adrenalin mereka di Ternadi downhill park yang telah memenuhi standar arena olahraga ekstrem tersebut, beberapa event baik nasional maupun international sudah pernah digelar di wilayah ini.
Wana Wisata Ternadi, Wisata Baru Kota Kudus
Wana Wisata Ternadi, Wisata Baru Kota Kudus

Lokasi dan Akses ke Wana Wisata Ternadi Kudus

Wana wisata Ternadi ini berlokasi di Desa Ternadi kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Desa ini merupakan desa yang berada di lereng pegunungan muria. Cukup sulit bagi wisatawan yang ingin sampai kelokasi ini menggunakkan angkutan umum, karena hanya jasa ojek yang dapat dijumpai.
Trayek angkutan perdesaan tidak melewati jalur ini. Wana wisata ternadi yang berjarak 17 km dari pusat kota kudus dapat ditempuh sekitar 40 menit. Wisatawan dapat mengikuti papan petunjuk arah yang ada di Jl. Sunan Muria. Selain gardu pandang di Wana Wisata Ternadi, terdapat gardu pandang lain di desa Ternadi yang siap dikunjungi kapan saja. Hanya saja akses jalan untuk mencapai Gardu pandang masih berbatu dan kurang penerangan untuk datang pada subuh atau malam hari. di Kudus juga ada tempat wisata religi yang lokasinya ada di pusat kota kudus yaitu Makam Sunan Kudus, ziarah di makam Sunan Kudus selalu ramai setiap saat, artikelnya juga dibahas di kitawisata.com pada artikel Wisata Religi Makam Sunan Kudus

Gardu Pandang Wana Wisata Ternadi Kudus

Gardu pandang di dua lokasi kurang lebih menggunakan konsep yang sama, yakni terbuat dari bambu dengan berbagai macam bentuk. Gardu pandang dengan bentuk perahu, balon udara, dan berbagai bentuk lainnya dapat dieksplorasi dengan membeli secangkir kopi dari warung warung yang ada di wana wisata tersebut.

Secangkir kopi dari warung tersebut merupakan tiket untuk dapat naik ke gardu pandang yang berada di tepian jurang wana wisata ternadi. Melalui gardu pandang tersebut wisatawan dapat menikmati keindahan panorama perbukitan gunung muria, bumi perkemahan kajar dari sisi lain, pemandangan kota kudus dari ketinggian.

Ternadi Downhill bike park Wana Wisata Ternadi Kudus

Dua tahun terakhir Ternadi Downhill bike park mulai dikenal di kalangan pecinta Downhill. Kejuaraan downhill pun digelar di arena ini. Start dimulai dari puncak bukit dimana lokai wisata gardu pandang berada, kemudian turun menyusuri hutan, tebing dan finish di camping ground wana wisata Ternadi.

Pada jalur pendakian menuju gardu pandang, akan ditemui beberapa papan bertuliskan “awas jalur sepeda”. Hal ini untuk mengantisipasi adanya kecelakaan antara pengendara kendaraan bermotor yang menuju ataupun dari gardu pandang. Disetiap lokasi lokasi tersebut akan ada beberapa penjaga yang memberi kode kepada para pengendara untuk mengurangi kecepatan.
Wana Wisata Ternadi, Wisata Baru Kota Kudus
Wana Wisata Ternadi, Wisata Baru Kota Kudus

Fasilitas Wana Wisata Ternadi Kudus

Di wana wisata bagian bawah dekat dengan camping ground terdapat aula untuk acara-acara gathering, ada taman bermain untuk berkumpul keluarga dan berfoto, kamar mandi, setelah naik ke lokasi gardu pandang disana terdapat warung-warung yang menyediakan aneka makanan dan minuman. Kota Kudus juga memiliki wisata alam yang tak kalah menarik dengan wisata alam Tenadi ini yaitu air terjun motel yang terletak di Gunung Muria, ulasannya bsia ditemukan pada artikel Air Terjun montel di Gunung Muria

Perjalanan panjang yang ditempuh dengan jalan berbatu akan terbayar ketika melihat keindahan panorama pegunungan muria yang hijau dan mententramkan, burung-burung berterbangan menuruni lembah, suasana tersebut sangat cocok untuk melepas penat beraktivitas. Kudus dari ketinggian maasih begitu mempesona, sehingga banyak sekali wisatawan lokal yang berkunjung ke wana wisata ternadi ini.

Belum ada Komentar untuk "Rute Menuju ke Wana Wisata Ternadi, Wisata Baru Kota Kudus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel