Tiket Masuk dan Rute Menuju ke Goa Kreo Semarang

Menikmati masa liburan di Kota Semarang memang pilihan yang sangat tepat. Kota yang tenar dengan Lumpianya ini memiliki jutaan destinasi wisata yang menarik dan pastinya instagramable. Selain Lawang Sewu dan Sam Poo Kong, salah satu tempat wisata Kota Semarang yang masih dan semakin diminati hingga saat ini adalah Goa Kreo.

Goa Kreo merupakan sebuah wisata alam Semarang yang terkenal dengan ribuan kera ekor panjang di dalamnya. Menurut legenda, Goa Kreo merupakan salah satu petilasan Sunan Kalijaga ketika mencari kayu jati untuk membangun Masjid Agung Demak.

Pesona Wisata Alam Goa Kreo Semarang
Pesona Wisata Alam Goa Kreo Semarang
Konon, saat mencari kayu jati ini, sunan kalijaga bertemu dengan sekawanan kera ekor panjang yang kemudian diperintahkan menjaga kayu jati tersebut. Sekawanan kera ini lah yang akhirnya diyakini menghuni dan menunggu Goa Kreo hingga saat ini. Nama Kreo sendiri berasal dari kata Mangreho yang berarti peliharalah.

Wisata di Kota Semarang tidak hanya wisata alam goa kreo saja, namun ada juga wisata yang terdapat di pusat Kota Semarang yaitu wisata kota Lama semarang yang dibahas pada artikel Wisata Kota Lama Kota Semarang

Lokasi Wisata Alam Goa Kreo

Wisata alam goa kreo Semarang ini berlokasi di Jalan Raya Kreo, Dukuh Talun Kacang, Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati, Semarang. Yakni 8 kilometer arah selatan dari Tugu Muda Semarang.

Goa Kreo sendiri berada di kawasan Hutan seluas ± 5 Ha yang ada di Perbukitan Gunung Krinci dan Lembah Sungai Kreo yang saat ini menjadi waduk Jatibarang. Lokasi Goa Kreo yang berada di tengah-tengah Waduk Jatibarang menambah nilai keindahan wisata alam ini. Waduk Jatibarang sendiri kini menjadi destinasi wisata yang tengah digandrungi kawula muda dan para pecinta fotografi karena spot-spot fotonya yang instagramable.

Untuk mencapai mulut Goa Kreo, pengunjung harus melewati barisan anak tangga yang cukup panjang, kemudian menyeberangi jembatang Jatibarang yang menghubungkan daratan dengan Bukit Kreo di Perbukitan Gunung krinci.

Tak jauh dari pintu Goa Kreo yang menjadi petilasan Sunan Kalijaga, juga terdapat pintu Goa Landak. Konon dahulu di Goa Landak ini dapat ditemukan banyak sekali landak sehingga goa ini diberi nama Goa Landak.

Di kawasan Goa Kreo ini juga terdapat sebuah air terjun yang dikenal dengan nama Air Terjun Goa Kreo. Air terjun yang sangat indah dan cocok dijadikan spot foto selfi maupun pre-wedding.
Pesona Wisata Alam Goa Kreo Semarang

Harga Tiket Masuk Goa Kreo

Wisata alam Semarang Goa Kreo masih terbilang terjangkau dengan tiket masuk goa kreo seharga Rp 5000 rupiah. Cukup dengan satu tiket masuk pengunjung dapat menikmati seluruh keindahan alam Goa Kreo dan berinteraksi dengan kawanan kera ekor panjang yang ada di sana. Namun, harap berhati-hati jika Anda ingin berinteraksi dengan kawanan kera yang terlihat jinak ini.

Mereka bisa saja menyerang Anda, terutama jika Anda memakai perhiasan dan aksesoris yang dapat menarik perhatian para kera. Jika Anda ingin memberikan makanan, berikan makanan itu satu per satu dan jangan perlihatkan makanan dalam jumlah besar, atau kawanan kera tersebut akan merebutnya.

Menarik bukan?

Tak ada salahnya menghabiskan masa liburan dengan menikmati surga dunia di berbagai tempat wisata Kota Semarang. -CH-

Peta Lokasi Wisata alam Goa Kreo Semarang

Belum ada Komentar untuk "Tiket Masuk dan Rute Menuju ke Goa Kreo Semarang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel