Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Otak Tengah (Mesenfalon) dan Otak Belakang

1. Otak Tengah (Mesenfalon)


Otak tengah manusia berbentuk kecil dan tidak terlalu mencolok. Di dalam otak tengah terdapat bagian-bagian seperti lobus optik yang mengatur gerak bola mata dan kolikulus inferior yang mengatur pendengaran.

Otak tengah berfungsi menyampaikan impuls antara otak depan dan otak belakang, kemudian antara otak depan dan mata.



2. Otak Belakang

Ada tiga bagian yang berbeda dari otak belakang: pons, medula dan otak kecil. Wilayah ini sendiri merupakan salah satu dari tiga divisi utama otak, dua lainnya adalah otak depan dan otak tengah. Juga dikenal sebagai rhombencephalon, itu dipandang sebagai yang tertua dari divisi, dan terletak di antara bagian otak lainnya dan sumsum tulang belakang.

Otak adalah organ yang kompleks yang terdiri dari banyak bagian yang bertanggung jawab untuk fungsi-fungsi tertentu dari tubuh, dan seperti bagian otak lainnya, tiga bagian yang berbeda dari otak belakang masing-masing bertanggung jawab untuk fungsi-fungsi tertentu. Secara keseluruhan, wilayah ini merupakan bagian dari otak yang mengkoordinasikan fungsi-fungsi seperti pola tidur, gerakan dan pernapasan.

A. Pons Varolli

Pons varolli adalah istilah yang berarti “jembatan,” dan nama ini merupakan salah satu tepat karena pons bertindak sebagai jembatan yang memungkinkan untuk transfer informasi antara bagian-bagian lain dari otak dan otak kecil. Dalam menyampaikan informasi kepada otak kecil, bagian ini, juga dikenal sebagai pons varolli atau metencephalon, membantu dalam mengendalikan gerakan mata dan tubuh.

Fungsi lain bahwa daerah bertanggung jawab untuk mencakup koordinasi pola tidur dan gairah. Walaupun sebagian dari otak belakang, pons juga secara teknis merupakan bagian dari batang otak juga.

B. Medula Oblongata

Medula disebut medulla oblongata, yang diterjemahkan menjadi “sumsum lonjong.” Selain itu, juga dikenal sebagai myelencephalon. Ini bagian dari otak terletak antara pons dan sumsum tulang belakang, dan seperti pons, juga secara teknis merupakan bagian dari batang otak.

Medula memiliki saluran sensorik yang memungkinkan komunikasi antara otak dan tubuh. Fungsi ini dikontrol secara tidak sengaja dan tidak sadar, seperti sirkulasi darah dan pencernaan serta detak jantung dan pernapasan.

C. Otak kecil (Cerebelum)

Otak kecil duduk di belakang otak dan di atas batang otak; itu dibagi menjadi dua belahan lateral. Tiga fungsi utama dari otak kecil yang menjaga keseimbangan, mengatur otot, dan koordinasi gerakan sadar. Dibandingkan dengan bagian lain dari otak, otak kecil adalah cukup baik-dilindungi, tetapi masih dapat menderita trauma.




Posting Komentar untuk "Otak Tengah (Mesenfalon) dan Otak Belakang"