Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Zygomycota yang Mudah dipahami

 Ciri-ciri Zygomycota
reproduksi Zygomycota

Zygomycotina disebut juga sebagai the coenocytic true fungi. Divisi Zygomycotina memiliki anggota yang hampir semuanya hidup pada habitat darat.

Ciri-ciri zygomycota

  • Hidup sebagai saprofit 
  • Tubuhnya bersel banyak, berbentuk benang (hifa) yang tidak bersekat 
  • tidak menghasilkan spora yang berflagella. 
  • Reproduksi terjadi secara aseksual dan seksual. 
Siklus hidup Rhizopus sp. Pada reproduksi seksual menghasilkan zigospora, sedangkan reproduksi aseksualnya dengan perkecambahan (germinasi) spora. Spora tersebut tersimpan di dalam sporangium (kotak spora). Jika spora matang, sporangium akan pecah, sehingga spora menyebar terbawa angin, jika spora tersebut jatuh di tempat yang sesuai, maka spora akan tumbuh menjadi hifa baru.

Reproduksi seksual atau generatif dilakukan dengan cara konjugasi. Proses ini diawali ketika dua hifa yang berlainan jenis, yakni hifa (+) dan hifa (-), saling berdekatan. Masing-masing hifa pada sisi-sisi tertentu mengalami pembengkakan dan perpanjangan pada bagian- bagian tertentu yang disebut gametangium. Kemudian, kedua gametangium tersebut bertemu dan kedua intinya melebur membentuk zigot. Zigot kemudian berkembang menjadi zigospora (diploid). Pada tahapan berikutnya, zigospora tumbuh, dindingnya menebal dan berwarna hitam. Inti diploid (2n) mengalami meisosis, menghasilkan inti haploid (n).

Pada lingkungan yang sesuai, zigospora akan tumbuh dan membentuk sporangium. Sporangium ini memiliki struktur penopang yang disebut sporangiofora. Selanjutnya, reproduksi secara aseksual dimulai lagi yaitu ditandai dengan pematangan sporangium hingga sporangium tersebut pecah dan spora tersebar keluar. Zygomycotina memiliki beberapa jenis yang mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa diantaranya merupakan jamur pada makanan. Jenis-jenis jamur tersebut antara lain:

1) Rhizophus stolonifera

Jamur ini tampak sebagai benang-benang berwarna putih, memiliki rizoid dan stolon. sering dijumpai pada roti yang berjamur

2) Rhizophus nigricans

Jamur ini dapat menghasilkan asam fumarat.

3) Mucor mucedo

Ciri-ciri Zygomycota

Jamur ini hidup secara saprofi t. Sering dijumpai pada roti, sisa-sisa makanan dan kotoran ternak. Miselium jamur ini berkembang di dalam substrat. Memiliki sporangium yang dilengkapi oleh sporangiofor.

4) Pilobolus sp.

Jamur ini sering disebut ‘pelempar topi’ atau cap thrower, karena bila sporangiumnya telah masak, jamur ini bisa melontarkannya sampai sejauh 8 meter. Spora tersebut kemudian melekat pada rumput atau tumbuhan lain.

5. Ryzopus Oryzae

Jamur ini digunakan untuk pembuatan tempe sebagai ragi


Posting Komentar untuk "Ciri-Ciri Zygomycota yang Mudah dipahami"