Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lokasi dan Rute ke Pantai Nglambor Kunung Kidul

Pantai Nglambor, pantai yang dikenal sebagai akuarium raksasa ini memiliki keindahan yang luar biasa bagusnya. Sama seperti julukannya di pantai ini terdapat terumbu karang, biota laut, dan berbagai jenis ikan. Berbeda dengan pantai lainnya pantai ini dijaga oleh dua kura-kura raksasa yang diberi nama "Watu Kalong" dan "Watu Kuntul".

Snorkling di Pantai Nglambor Kunung Kidul
Pengunjung dapat menyaksikan langsung kura-kura tersebut dengan menyelam ke dasar laut. Pantai Nglambor juga dijadikan sebagai tempat budidaya berbagai jenis ikan, tempat pelestarian terumbu karang dan biota laut lain. Terdapat tradisi unik yang dilakukan setiap tahunnya di pantai ini yaitu tradis Ngalangi. Dalam bahasa Indonesia Ngalangi berarti mengahalangi.

Pantangan di Pantai Nglambor

Pantai Nglambor memiliki larangan siapa saja tidak diperbolehkan untuk mengambil ikan dengan cara apapun di pantai ini, kecuali setahun sekali selain masa pemijahan ikan. Tradisi penangkapan ikan tersebut hanya bisa dilakukan dengan cara menjaring ikan dengan gawar dari akar pohon wawar oleh masyarakat dekat pantai saja.
Snorkling di Pantai Nglambor Kunung Kidul
Snorkling di Pantai Nglambor Kunung Kidul

Harga Snorkling di Pantai Nglambor

Tak perlu takut bagi pengunjung yang ingin melakukan snorkeling atau menyelam di dasar laut namun belum bisa berenang, karena pengelola pantai Nglambor telah menyedikan peralatan lengkap seperti sepatu dan jaket pelampung serta perlengkapan lain. Selain itu terdapat fasilitas pendukung seperti tempat penginapan, tempat ibadah, kamar mandi, dan tempat parkir. Harga tiket masuk ke pantai Nglambor sangatlah terjangkau hanya Rp.5000,-, parkir motor Rp. 2000,- jasa ojek Rp. 5000,- dan jika ingin merasakan snorkeling biayanya Rp. 35.000 - Rp. 50.000.

Lokasi Pantai Nglambor

Pantai Nglambor berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, DIY. Berjarak sekitar 70 km dari pusat kota Yogyakarta. Jika dari pusat kota Jogja melewati jalan lingkar Timur hingga bertemu perempatan jalan Wonosari lalu berjalan ke arah Timur ikuti jalan Wonosari hingga bertemu dengan alun- alun Wonosari yang berada di kiri jalan belok kanan menuju jalan Baron sampai pertigaan jalan menuju terminal Wonosari ikuti jalan hingga menjumpai kantor BRI di kiri jalan belok kiri ikuti jalan terdapat perempatan Karangrejek lurus terus hingga pertigaan Mulo belok kiri ke arah kecamatan Tepus lokasi pantai Nglambor.

Peta Lokasi Pantai Nglambor




Posting Komentar untuk "Lokasi dan Rute ke Pantai Nglambor Kunung Kidul"