Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Error File NTDLL.DLL Pada Windows 7

Ketika kita menghidupkan komputer dan tiba-tiba muncul pesan error file Ntdll.DLL maka anda jangan panik, banyak cara untuk memperbaiki error tersebut.
NTLDR is Missing
NTLDR is Missing
Pesan error file Ntdll.DLL pada Windows 7 bisa bermacam-macam bentuknya, tergantung dari penyebabnya. Agak berbeda dengan pesan error Ntdll.DLL pada Windows XP, karena lingkungan (environment) nya juga berbeda.

Umumnya bentuk error adalah seperti salah satu dibawah ini:

  1. "STOP: 0xC0000221 unknown hard error C:\Winnt\System32\Ntdll.dll"
  2. "STOP: C0000221 unknown hard error \SystemRoot\System32\ntdll.dll"
  3. "AppName: [PROGRAM NAME] ModName: ntdll.dll"
  4. "[PROGRAM NAME] caused a fault in module NTDLL.DLL at [ANY ADDRESS]"
  5. "Crash caused in ntdll.dll!"
  6. "NTDLL.DLL Error!"
  7. "Unhandled exception at [ANY ADDRESS] (NTDLL.DLL)"

Pesan error Ntdll.DLL bisa muncul dalam lingkungan beragam, antara lain:

  • saat membuka atau menutup suatu program aplikasi tertentu, atau
  • saat program berjalan. Tetapi juga bisa muncul
  • saat Windows start, saat shutdown, atau
  • saat instalasi OS Windows.

Penyebab error file Ntdll.DLL sangat beragam, tetapi umumnya disebabkan oleh :

  1. kerusakan file Ntdll.DLL tsb, sehingga tidak bisa di-akses (dibaca).
  2. device driver yang rusak juga bisa menjadi penyebab, termasuk masalah dalam sistem operasi (windows) maupun masalah dalam suatu program aplikasi.
  3. Kemungkinan lain, meski jarang terjadi, adalah adanya hardware yang tidak berfungsi secara normal, kadang juga memicu munculnya pesan error Ntdll.DLL.

Cara Mengatasi Error Ntdll.DLL pada Windows 7

Berikut adalah pedoman langkah untuk mengatasi pesan error file Ntdll.DLL pada Windows 7.
  1. Restart komputer, siapa tahu pesan error Ntdll.DLL hanya muncul secara kebetulan saja. Hanya dengan restart, kadang semua bisa kembali normal.
  2. Restart dan masuk Safe Mode, jika dalam Safe Mode ternyata error tidak muncul, berarti sumber error kemungkinan besar hanya masalah software, bukan hardware. Baca artikel tentang Safe Mode.
  3. Jika pesan error Ntdll.DLL hanya muncul saat menjalankan suatu program, reinstal program tersebut. Periksa pada situs pembuatnya, kemungkinan sudah tersedia patch atau update untuk program ybs. Download dan instal file updatenya.
  4. Kadang dengan menginstal service pack (file patch) tertentu (Microsoft) bisa menyelesaikan problemnya.
  5. Jika pesan error Ntdll.DLL muncul saat membuka, menjalankan, atau menutup program browser, coba untuk men-disable add on milik browser tsb. satu demi satu. Karena add on juga bisa menjadi penyebab error Ntdll.DLL.
  6. Update driver hardware, jika sudah tersedia di situs pembuatnya. Kadang terjadi setelah instal aplikasi baru, muncul error Ntdll.DLL. Bukan kesalahan programnya, tetapi ternyata driver hardware yang perlu di-update untuk memenuhi tuntutan program baru tsb.
  7. Modul memory (RAM) yang mulai rusak, bisa menyebabkan error Ntdll.DLL. Lakukan tes modul RAM. Jika didapati rusak, ganti saja RAM nya.
  8. Periksa kabel IDE/SATA pada HDD, kerusakan kabel IDE/SATA bisa menjadi penyebab error Ntdll.DLL. Ganti saja dengan kabel baru. Baca artikel Memeriksa Kondisi Harddisk.
  9. Uninstal program yang diduga menjadi penyebab error Ntdll.DLL.
  10. Jalankan Scan Disk untuk memastikan kondisi HDD.
  11. Lakukan Repair installation Windows. Langkah ini akan mengganti file Ntdll.DLL. Baca artikel Startup Repair.
  12. Jika merasa yakin dengan situasinya, lakukan clean installation Windows. Langkah ini akan menghapus semua isi HDD , backup semua data penting lebih dulu. Tetapi jika sumber error berasal dari suatu aplikasi di luar Windows, dan setelah clean installation, lalu menginstal kembali aplikasi tsb, kemungkinan error akan muncul kembali.
  13. Jika setelah clean installation masih juga muncul error Ntdll.DLL ini, hampir bisa dipastikan masalahnya adalah HDD. Sudah waktunya mengganti HDD dengan yang baru.
Semoga membantu ya sobat.....

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Error File NTDLL.DLL Pada Windows 7"