Cara Kerja Malware dan Cara Mengatasi Malware yang Masuk ke Sistem Operasi Windows Laptop

Malicous Software atau yang lebih dikenal dengan istilah malware adalah software atau aplikasi yang dikembngkan oleh pembuat malware (developer software malware) dengan tujuan untuk merusak sistem operasi laptop, (terutama sistem operasi windows yang paling banyak di serang). Malware bekerja dengan cara ilegal dengan cara menyusup ke sistem operasi laptop sehingga pengguna tidak bisa mendeteksi keberadaan malware tersebut.



Malware biasanya digunakan untuk berbagai aktifitas illegal seperti sengaja merusak file-file pada sistem operasi, mengacaukan software-software yang di instal di laptop sehingga tidak dapat digunakan, mencuri informasi data pada laptop seperti mencuri kata sandi, email, kartu kredit dll sehingga bisa menimbulkan kerugian yang sangat besar.

Lebih parahnya lagi beberapa jenis malware mampu melakukan enkripsi file-file di laptop pengguna sehingga tidak bisa di akses sama sekali. Untuk bisa membuka file-file tersebut biasanya pembuat malware akan meminta tebusan antara 1000 - 3000 US dolar yang nantinya untuk menebus descriptor file-file terbut seperti pada kasus virus-virus varian ransomware.

Jenis-jenis malware yang saat ini beredar antara lain jenis virus, rootkit, spyware, adware trojan dan worm yang smeuanya memiliki spesifikasi sendiri-sendiri dalam aktifitas illegalnya di laptop pengguna

Malware juga bisa masuk melalui pesan masuk (inbox) dari email, anda harus berhati-hati jika ingin mengunduh file dari inbox email jika pengirim tidak kita kenal, beberapa malware masuk lewat jalan ini. Yang perlu diperhatikan adalah biasanya utnuk email jenis gmail akan menampilkan informasi apakah file tersebut aman atau tidak dengan menampilkan informasi tertentu seperti pada gambar dibawah ini
Berhati hatilah jika menemukan email seperti contoh di atas terutama jika email terbetu ada link download baik dalam bentuk zip, rar, exe, atapun images sekalipun. Biasanya email-email seperti ini akan masuk ke dalam folder spam.

Cara Masuk Malware

Masuknya malware ke dalam sistem operasi laptop pengguna biasanya yang paling sering terjadi adalah lewat download file dari website-website illegal penyedia software-software bajakan. Ketika pengguna melakukan download file tersebut biasanya software-software bajakan tersebut sudah ditanam malware yang akan ikut terinstal di laptop pengguna tanpa kecurigaan sama sekali dari pengguna. Jadi hati-hatilah jika mendownload file-file dari internet dari situs-situs yang illegal.

Malware juga bisa masuk ke dalam sistem operasi windows saat pengguna melakukan download film-film dari internet, biasanya ketika pengguna melakukan download film dari internet tanpa sengaja pengguna akan diarahkan dari link satu ke link yang lainnya yang kadang pengguna di suruh melakukan dowload software berukuran kecil. Jika pengguna tidak jeli bisa-bisa apa yanng di download dan instal dalah salahsatu jenis malware yang akhirnya menginfeksi laptop pengguna.

Malware yang sering ikut dalam proses download film adalah malware jenis software adware illegal yang akhirnya menginfeksi sistem operasi windows maupun software google chrome dan mozilla firefox yang hasil akhirnya adware illegal ini akan menampilkan iklan otomatis di google chrome maupun mozilla firefox. Ciri khas dari adware illegal ini adalah iklan jenis 18+ (obat pembesar dll) serta iklan judi. Untuk menghapus adware jenis ini bisa dibaca pada artikel yang pernah kami buat yaitu cara meghilangkan iklan di google chrome

Cara Mencegah dan Mengatasi Malware yang Terlanjur Masuk ke Sistem operasi Windows Laptop

Cara efektif untuk mencegah masuknya malware adalah dengan memasang anti virus tambahan seperti AVG, Avast, Mcaffe, dll. Kami sendiri merekomendasikan menggunakan antivirus AVG
Cara Kerja Malware dan Cara Mengatasi Malware yang Masuk ke Sistem Operasi Windows Laptop
Salahsatu jenis antivirus yaitu AVG
Selain memasang antivirus tambahan, berhatihatilah jika mendownload software-software bajakan dari internet terutama jika situs tersebut memberikan link download yang akan dibawah dari halaman satu ke halaman yang lainnya terus menerus karena bisa saja apa yang di download adalah malware.

Belum ada Komentar untuk "Cara Kerja Malware dan Cara Mengatasi Malware yang Masuk ke Sistem Operasi Windows Laptop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel