Museum Jenang Kudus, Napak Tilas Pembuatan Jenang Kudus

Jenang Kudus merupakan makanan khas kudus, memiliki sejarah dan cerita tersendiri seperti halnya rokok kretek, Sehingga dibangunlah museum jenang kudus supaya masyarakat dan wisatawan mengetahui jenang kudus secara detail. Museum jenang kudus yang dibangun oleh industri jenang mubarok food ini merupakan museum jenang pertama di Indonesia. Berlokasi disamping outlet oleh oleh jenang mubarok yang produknya lebih dikenal dengan nama Sinar 33 di Jalan Sunan Muria Kudus.

Museum Jenang Kudus
Museum Jenang Kudus
Museum ini menonjolkan citra kudus sebagai produsen jenang di indonesia. Museum jenang menampilkan kisah masyarakat kudus pada tahun 1930-an dimana industri jenang kudus dimulai. Kisah ini menggambarkan kegiatan masyarakat di area pasar bubrah menara yang menjadi lokasi awal industri jenang di kudus. Berbagai patung dan peralatan tradisional ditampilkan dengan apik.
Museum jenang kudus selain sebagai destinasi wisata juga bertujuan sebagai sarana edukasi masyarakat mengenai sejarah dan industri jenang.

Hal ini didukung dengan diadakannya beberapa kunjungan untuk workshop pembuatan jenang. Ditampilkannya kudus tempoe doeloe diharapkan dapat mengedukasi masyarakat tentang fakta bahwa kudus merupakan daerah dimana terjadi pertemuan anatara seni, budaya, bisnis, ekonomi, religi, pariwisata dan membentuk kabupaten kudus yang seperti sekarang ini. selain museum jenang, di Kota Kudus juga terdapat Makam Sunan Kudus yang lokasinya tidak jauh dari museum jenang
Museum Jenang Kudus, Napak Tilas Pembuatan Jenang Kudus
Wisatawan juga dibebaskan untuk berswafoto secara gratis di museum jenang ini. Selain menampilkan kisah sejarah, museum jenang ini juga menampilkan miniatur rumah adat kudus, menara kudus beserta bangunan khas gerbang masjid menara kudus. Dengan dibangunnya museum ini lengkap pula fasilitas yang dimiliki pihak mubarok, awalnya hanya outlet oleh-oleh yang berupa makanan, kemudian merambah oleh-oleh berupa baju dan asesoris khas kota kudus. Parkir luas dan dekat dengan pusat kota membuat lokasi ini ramai oleh pengunjung terutama pada akhir pekan.

Lokasi Museum Jenang Kudus

Lokasi yang berjarak kurang lebih 1km dari pusat kota kudus ini menjadi poin tambahan museum jenang kudus. Wisatawan dapat menggunakan taksi, becak maupun ojek apabila datang ke kudus menggunakan trasportasi umum. –LR-


Belum ada Komentar untuk "Museum Jenang Kudus, Napak Tilas Pembuatan Jenang Kudus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel