Akrosom Adalah - Kamus Biologi Online

Akrosom adalah bagian kepala sel sperma yang mengandung enzim yang berperan dalam proses peleburan dengan sel telur. Enzim yang berada pada bagian akrosom antara lain adalah hialuronidase dan enzim akrosin/protease.
lokasi akrosom berada pada ujung kepala sel sperma

Enzim hialuronidase memiliki fungsi untuk melarutkan hialuronid pada corona radiata, sehingga sel sperma dapat menembu ovum karena aktifitas dari enzim hialuronidase.


Enzim akrosin atau yang lebih dikenal dengan enzim protease memiliki fungsi untuk menghancurkan glikoprotein pada zona pelusida ovum sehingga kromosom sel sperma bisa masuk ke dalam ovum.

gambar proses sel sperma masuk ke dalam ovum


Akrosom akan pecah ketika sel sperma sudah menyentuh sel ovum, ketika zona pelusida pada ovum sudah meluruh karena aktifitas enzim hialuronidase maka kromosom sel ovum akan masuk ke dalam sel ovum untuk selanjutnya terjadi fertilisasi penggabungan kromosom sel sperma dengan kromosom sel ovum. 

Pada saat itu juga granula kortikal pada sel ovum akan memperkeras bagian zona pelusida sehingga sel sperma lainnya tidak bisa masuk. Untuk lebih jelasnya bagaiaman proses fertilisasi bisa dipelajari pada artikel proses fertilisasi 

Belum ada Komentar untuk "Akrosom Adalah - Kamus Biologi Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel