Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peramalan Pergeseran Reaksi Kesetimbangan Kimia

Arah pergeseran reaksi dapat diramalkan melalui penghitungan tetapan kesetimbangan reaksi awal, kuasi reaksi (Qc). Kuasi reaksi (Qc) didefinisikan sebagai hasil kali konsentrasi produk reaksi dibagi dengan hasil kali konsentrasi pereaksi, masing-masing dipangkatkan dengan koefisien reaksinya, pada saat awal. Untuk mempelajari penggunaan kuasi reaksi (Qc).
Perhatikan contoh reaksi dibawah ini 
Pernyataan aksi massa reaksi ini dapat ditulis
Analog dengan rumusan ini, pernyataan kuasi reaksi dapat ditulis sebagai
Jika system mengandung HI dalam jumlah yang banyak sementara H2 dan I2 berjumlah sedikit, nilai Qc menjadi besar. Pun sebaliknya, nilai Qc akan menjadi kecil bila HI kecil sementara jumlah H2 dan I2 besar. 

Berdasakan nilai relatif Qc terhadap Kc, ada tiga kemungkinan keadaan sistem reaksi:

1) Qc<Kc, sistem ini mengandung pereaksi dengan jumlah yang sangat besar dan produk reaksi yang tidak cukup yang tidak cukup untuk mencapai kesetimbangan. 

Untuk mencapai kesetimbangan, nilai Qc harus dinaikkan. Jadi, reaksi harus mengubah sejumlah pereaksi menjadi produk reaksi untuk mencapai kesetimbangan.

2) Qc = Kc, reaksi berlangsung pada keadaan setimbang

3) Qc > Kc, sistem reaksi mengandung produk reaksi yang sangat banyak dan pereaksi yang sangat sedikit, sehingga nilai Qc harus turun hingga reaksi mencapai kesetimbangan. 

Jadi, untuk mencapai kesetimbangan, reaksi harus mengubah sejumlah produk reaksi menjadi pereaksi.

Referensi:

Watoni, AH., Dini K & Meta J.2016. Kimia untuk Siswa SMA/MA kelas XI. Bandung: Penerbit Yrama Widya. 

Utami, B., Agung NCS., Lina M., Sri Y., Bakti M. 2009. Kimia untuk SMA/MA kelas XI Program Ilmu Alam. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. 

Permana, Irvan.2009. Memahami Kimia SMA/MA untuk Kelas XI Semester 1 dan 2. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. 

Suwardi., Soebiyanto& Th.Eka W. 2009. Panduan Pembelajaran Kimia untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. 

Kalsum, S., Poppy KDM & Hasmiati S. 2009. Kimia 2 Kelas XI SMA/MA. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Buka daftar isi materi Kimia SMA kelas X, XI, XII


Posting Komentar untuk "Peramalan Pergeseran Reaksi Kesetimbangan Kimia"