Taman Nasional Takabonerate Sulawesi Selatan Pesona Darat dan Bawah Laut Nusantara Nomor Tiga Dunia “

Kegiatan diving dan snorkling makin diminati tidak hanya kaum lelaki, namun semakin banyak kaum wanita yang juga tertarik pada hobi yang penuh tantangan ini. Meskipun kegiatan ini cukup menguras biaya dan membutuhkan nyali yang cukup besar bagi pemula. Belum lengkap rasanya jika traveller penghobi kegiatan ini belum mengunjungi pesona bawah laut yang ada di Sulawesi Selatan yaitu Taman Nasional Takabonerate.

Taman Nasional Takabonerate berada di Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Taman Nasional yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya “atol: kumpulan terumbu karang yang melingkar menyerupai cincin dan di tengahnya terdapat laguna/cekungan” terbesar ketiga di mata dunia.

Pesona Darat dan Bawah Laut Nusantara Nomor Tiga Dunia “Taman Nasional Takabonerate Sulawesi Selatan”
Foto@KSMTour 

Pesona bawah laut tersebut sejak tahun 2005 telah dicalonkan ke UNESCO untuk menjadi situs warisan dunia. Adanya atol tersebut membuat habitat khusus dan unik sehingga berdampak positif bagi keberagaman flora dan fauna bawah laut Taman Nasional Takabonerate. Nah, bisa dibayangkan kan indahnya?

Rute Perjalanan ke Taman Nasional Takabonerate Sulawesi

Rute perjalanan menuju ke Taman Nasional Takabonerate ini dari pusat ibu kota Sulawesi Selatan “Makassar” : terminal Bus Mallengkeri ke Pelabuhan Bira Bulukumba waktu tempuh 5 jam dan biaya Rp 150 ribu. Selanjutnya ditempuh menggunakan kapal feri menuju ke Pelabuhan Pamatata, Kepulauan Selayar dalam waktu 2,5 jam dan biaya Rp 25 ribu.

Kemudian dari Pelabuhan Pamatata Selayar menuju Pelabuhan Benteng, Kepulauan Selayar kurang lebih 1.5 jam. Untuk menuju Taman Nasional Takabonerate dapat ditempuh menggunakan kapal kayu sendang muatan 50-60 orang dari Pelabuhan Benteng, Kepulauan Selayar dalam waktu ±7 jam.
Resort Taman Nasional Takabonerate
Resort Taman Nasional Takabonerate
Pelabuhan Bira Bulukumba
Pelabuhan Bira Bulukumba
Selama perjalanan di tengah laut lepas menuju Taman Nasional Takabonerate, pengunjung dapat menikmati indahnya aksi acrobat puluhan lumba-lumba dengan dekat secara langsung. Tidak kalah juga pemandangan hamparan pasir putih bersih dan air laut biru-hijau yang mengkilat akibat pantulan sinar matahari.

Setelah sampai di Resort Taman Nasional Takabonerate, pengunjung dapat menyaksikan keindahan yang luar biasa bagusnya. Hamparan pasir putih bersih, sunset/sunrise, dan air laut yang biru bersih bening. Tidak kalah luar biasanya yaitu pengunjung dapat bermain bersama “baby shark” dengan jumlah yang cukup banyak, inilah moment yang sangat jarang ditemukan.

Selain kegiatan diving dan snorkling yang ditunggu-tunggu dilakukan untuk melihat keindahan bawah laut, pengunjung juga dapat menikmati indahnya hamparan lautan biru menggunakan sampan kano yang telah di sediakan.
Pulau Taman Nasional Takabonerate dilihat dari jauh
Pulau Taman Nasional Takabonerate dilihat dari jauh
Baby Sark di Taman Nasional Takabonerate
Nah, bagi pengunjung yang masih tahap belajar diving dan snorkling jangan takut karena dapat ditemani guide ahli dari Taman Nasional Takabonerate. Bagi pengunjung yang punya hobi hunting foto, tetap santai dan berbahagialah karena setiap sudut dari Resort Taman Nasional Takabonerate bakal menghasilkan jepretan yang fantastis, tidak kalah juga pesona jepertan bawah lautnya.

Berkunjung ke Taman Nasional Takabonerate perlu dicoba untuk melihat kekayaan bawah laut yang luar biasa unik dan beragam. Walaupun kamu nekad traveller, tetap harus didampingi dan mempersiapkan segala sesuatunya ya..

Kontributor:Umniyyatuz Zulfa

Belum ada Komentar untuk "Taman Nasional Takabonerate Sulawesi Selatan Pesona Darat dan Bawah Laut Nusantara Nomor Tiga Dunia “"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel