Nikmatnya Wisata Buah Mangga di Kampung Mangga Penggarit Pemalang

Ada yang penasaran untuk mencicipi mangga istana? Dilihat dari namanya mangga ini sudah menggambarkan keistimewaan dan tentunya dengan rasa yang lezat. Kalian dapat menemukan mangga istana di Pemalang, Jawa Tengah tepatnya di Kampung Mangga yang berlokasi di desa Penggarit kecamatan Taman Kabupaten Pemalang.

Pemberian nama mangga istana, dikarenakan menurut informasi mangga yang memiliki rasa sangat manis ini sudah terkenal sampai Istana merdeka yang berada di Bogor. Keistimewaan mangga Istana terletak pada cara mengonsumsinya, cukup dengan memotong melingkar bagian tengah,diputar untuk mengambil daging buahnya dengan menggunakan sendok seperti layaknya memakan alpukat. Rasanya yang sangat manis berbeda dengan jenis mangga lainnya jika terlalu matang memiliki rasa yang manis bercampur agak pahit.

Nikmatnya Wisata Buah Mangga di Kampung Mangga Penggarit Pemalang
Nikmatnya Wisata Buah Mangga di Kampung Mangga Penggarit Pemalang
Kampung Mangga merupakan desa wisata yang ada di Pemalang. Desa ini memiliki perkebunan mangga yang sangat luas. Mangga istana sebenarnya adalah jenis mangga arumanis, di kampung mangga pengunjung dapat memetik sendiri mangga yang diinginkan. Tempat wisata ini dikelola oleh perkumpulan pemuda setempat yang diberi nama Pokdarwis penggarit.

Kampung mangga termasuk dalam wisata edukasi karena bukan hanya perkebunan mangga yang terdapat di tempat ini. Ada beberapa wisata edukasi lain seperti budi daya daya padi, budi daya anggrek, dan wisata argo. Bagi pencinta Rafting, di kampung mangga juga menyediakan objek susur sungai menggunakan perahu dan tubing menggunakan ban. Terdapat juga wisata religi yaitu adanya makam Pangeran Benowo dan Taman makam pahlawan.
Nikmatnya Wisata Buah Mangga di Kampung Mangga Penggarit Pemalang
Nikmatnya Wisata Buah Mangga di Kampung Mangga Penggarit Pemalang
Masing-masing wisata edukasi yang terdapat di kampung mangga dikenakan biaya yang berbeda. Misalnya untuk menyusuri sungai dengan perahu pengunjung cukup membayar Rp 5000,- untuk anak-anak dan Rp. 10.000 untuk dewasa dengan durasi 20 hingga 30 menit. Ketika menyusuri sungai pengunjung dapat menikmati rimbunnya sungai dan diakhiri dengan kerbau yang sedang berendam di sekitar sungai. Untuk perkebunan mangga pengunjung cukup membeli mangga dengan harga Rp. 35.000,-/ perkilo.

Akses jalan menuju tempat wisata edukasi ini cukup mudah. Jika dari alun-alun Pemalang ambil ke arah selatan menjumpai pasar Paduraksa belok ke kiri ikuti jalan sekitar 2 km hingga desa Sungapan belok Kanan lurus nantinya kana menemukan gapura desa Penggarit. Tempat wisata ini sangat cocok untuk destinasi tujuan liburan bersama keluarga karena kan menambah wawasan anak-anak.

Peta Lokasi Kampung Mangga Penggarit




Belum ada Komentar untuk "Nikmatnya Wisata Buah Mangga di Kampung Mangga Penggarit Pemalang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel