Tahapan Pembelahan Sel Mitosis

Pembelahan mitosis merupakan pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anak yang sama dengan induknya yang terjadi di dalam inti sel. Pembelahan mitosis sangat penting untuk pertumbuhan, perbaikan, dan penggantian sel yang mengalami kerusakan. Tahapan pembelahan mitosis memiliki beberapa tahapan yaitu profase, metafase, anafase, dan telofase.

1. Profase

Profase merupakan tahap awal dari pembelahan mitosis. Profase ditandai dengan benang-benang kromatin yang ada di dalam nukleus menebal dan memendek yang menudian berubah menjadi kromosom yang diikuti oleh hilangnya nukleolus.

profase, ditandai dengan berubahnya kromatin menjadi kromosom
profase, ditandai dengan berubahnya kromatin menjadi kromosom 
Setiap kromosom terduplikasi sehingga tampak 2 buah kromatid/anak kromosom yang dihubungkan oleh sentromer. Benang spindle/ gelondong mitotic mulai terbentuk yang terdiri dari sentrosom dan mikrotubulus kemudia sentrosom membelah menjadi dua dan menuju kutub yang berlawanan.

2. Prometafase

Pada tahap ini membran nukleus mulai menghilang kemudian diikuti mikrotubulus/benang spindle melekat pada bagian sentromer tepatnya dibagian yang dinamakan dengan kinetokor. Keberadaan benang benang spindle yang berikatan dengan kromosom akan menyebabkan hubungan tarik menarik antar benang-benang spindle


3. Metafase

Metafase memiliki durasi sekitar 20 menit. Metafase ditandai dengan kromosom berada di bidang ekuator/tengah-tengah sel
metafase, kromosom berada di tengah-tengah/bidang ekuator
metafase, kromosom berada di tengah-tengah/bidang ekuator 

4. Anafase


Anafase ditandai dengan dengan kromosom terbelah menjadi dua bagian yang menyebabkan masing-masing kromatid bergerak ke arah yang berlawanan menuju kutub yang berlawanan karena ditarik oleh benang-benang spindle, sehingga pada akhir tahap anafase kromatid sudah berada pada kutub yang berlawanan
anafase, kromatid bergerak ke kutub yang berlawanan
anafase, kromatid bergerak ke kutub yang berlawanan 

5. Telofase

Telofase diawali dengan pembentukan dua buah nukleolus/anak nukleus di dalam sel. Kemudian diikuti oleh menghilangnya benang-benang spindle. Kromatid kemudian berubah menjadi kromosom dan kemudian menjadi kromatin. Setelah benang-benang spindle menghilang maka membrane nucleus akan terbentuk kembali.



Setelah semua komponen sel terbentuk maka akan terjadi proses yang dinamakan dengan sitokinesis yaitu tahapan dimana sel mengalami invaginasi/pelekukan ke dalam dibidang ekuator yang mengakibatkan sel terbelah menjadi dua dan membentuk dua buah sel baru yang jumlah kromosomnya sama dengan induknya.

Belum ada Komentar untuk "Tahapan Pembelahan Sel Mitosis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel