Rute dan Tiket Masuk ke Istana Ratu Boko

Istana Ratu Boko, tempat wisata ini memang tak setenar candi Pambanan yang berada di Yogyakarta. Bangunan yang megah pada zamannya sehingga disebut istana sampai saat ini. Istana Ratu Boko dibangun pada abad ke-8 oleh salah satu kerabat pendiri candi Borobudur. Pada mulanya istana ini bernama Abhayagiri Vihara yang artinya berarti biara di bukit yang penuh kedamaian. Dahulu tempat ini dijadikan sebagai tempat menyepi dan memfokuskan diri pada kehidupan spiritual.

Review Wisata Istana Ratu Boko, Harga Tiket Terbaru Masuk Ke Kompleks Istana Ratu Boko
Review Wisata Istana Ratu Boko, Harga Tiket Terbaru Masuk Ke Kompleks Istana Ratu Boko

Keunikan di Istana Ratu Boko

Bangunan ini berdiri di atas tanah seluas 250.000 m2 terbagi menjadi empat bagian, yaitu tengah, barat, tenggara, dan timur. Masing-masing bagian terbagi lagi menjadi beberapa tempat. Seperti bagian tengah terdapat gapura utama, lapangan, candi pembakaran, kolam batu berumpak, dan Paseban, bagian tenggara terdapat pendopo, balai-balai, tiga candi, kompleks, dan kompleks koputre, kompleks gua, Stupa Budha, bagian timur, bagian timur hanya terdapat kolam, dan bagian barat terdiri atas pebukitan.

Banyak keunikan yang akan ditemukan saat berkunjung ke Istana Ratu Boko. Salah satu keunikan Istana Ratu Boko ini adalah terdapat bangunan Candi Batu Putih, karena candi tersebut terbuat dari bahan dasar batu putih. Adapula candi yang berbentuk bujur sangakar dengan ukuran 26 meter x 26 meter dan memiliki dua teras candi tersebut disebut dengan candi Pembakaran. Candi ini berfungsi sebagai tempat untuk pembakaran jenazah. Di Istana Ratu Boko juga terdapat peninggalan zaman dahulu berupa batu berumpak dan kolam.

Tempat bersejarah ini meninggalkan banyak peninggalan yaitu adanya sumur misteri, sumur tersebut diberi nama sumur Amerta Mantana. Air sumur ini hingga kini masih dipercayai warga sebagai air yang membawa keberuntungan jika digunakan.
Review Wisata Istana Ratu Boko, Harga Tiket Terbaru Masuk Ke Kompleks Istana Ratu Boko
Review Wisata Istana Ratu Boko, Harga Tiket Terbaru Masuk Ke Kompleks Istana Ratu Boko
Istana Ratu Boko berada satu lokasi dengan candi Prambanan, terletak di Desa Prambanan Kecamatan Bokoharjo Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasinya yang berada di Jalan Raya Jogja-Solo memudahkan untuk diakses menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.
Istana Ratu Boko terkenal sebagai tempat yang paling cocok untuk menikmati sunset di Jogja.

Harga Tiket Masuk ke Istana Ratu Boko

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 06.00- 17.00 WIB. Tiket masuk ke Istana Rtu Boko Rp. 25.000 untuk dewasa, Rp. 10.000 untuk anak-anak,dan USD 13 untuk WNA. Harga tiket masuk tersebut hampir sama dengan harga tiket ke cadi Prambanan karena kedua tempat wisata itu dikelola oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan Ratu Boko.

Selain Istana Ratu Boko dan Candi Prambanan perusahaan tersebut juga mengelola candi Borobudur. Dengan adanya pengelolaan tersebut Istana Ratu Boko memiliki fasilitas yang kondisinya cukup baik seoperti adanya kamar mandi yang bersih, resto outdoor, dan tempat pertemuan. Untuk pelayanan tiketnya sendiri suadah menggunakan smart card. Jika berkunjung ke Yogyakarta jangan lewatkan untuk berkunjung ke tempat peninggalan purbakala ini.

Peta Lokasi Istana Ratu Boko


Belum ada Komentar untuk "Rute dan Tiket Masuk ke Istana Ratu Boko"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel