Cara Merawat Batik Agar Tetap Awet

Batik merupakan salah satu budaya Asli Indonesia karena memiliki nilai-nilai tradisi yang sangat berharga bagi bangsa kita. Batik memiliki ribuan ragam dan corak dengan ciri khas bagi masing-masing daerahnya sebagai contoh batik batik Pekalongan, batik Solo, batik Jogja, batik Papua dan lain sebagainya.

Batik sangat trend digunakan sebagai busana dikalangan masyarakat Indonesia, bahkan sampai mancanegara. Busana batik biasa sering digunakan untuk menghadiri acara resmi, kedinasan maupun perayaan-perayaan kedaerahan. Kain batik ini sangat cocok dan selalu indah jika dibuat dengan berbagai model untuk busana seperti kemeja, busana muslimah, blouse, rok dll.


Batik warisan budaya Indonesia

Namun, jika keindahannya hilang dalam waktu yang singkat ketika kita salah mencucinya. Ada tips khusus bagaimana cara merawat batik agar tetap indah, Nah berikut ini ada 6 cara merawat batik agar tetap awet dan indah ya Guys....

1. Cuci batik menggunakan Tangan

Mencuci batik dengan mesin cuci akan membuat batik cepat pudar dan luntur. Hal ini disebabkan karena putaran pada mesin cuci terlalu keras, solusi terbaik agar batik tetap awet adalah mencucinya menggunakan tangan. Kucek dengan tangan jangan terlalu keras. Cucilah seperti mencuci pada biasanya.

2. Gunakan Shampo

Hindari pemakaian deterjen biasa untuk mencuci batik. Gunakanlah shampo untuk mencucinya. Caranya, rendam batik dengan larutan shampo dan biarkan ± 10 menit.

3. Air Hangat

Seringkali pakaian atau kain yang berbahan batik terkena kotoran yang membandel dan sulit dibersihkan. Jika terjadi hal demikian, cucilah dengan air hangat dan sabun. Namun jika noda masih membandel, cobalah mencucinya dengan menggunakan kulit jeruk pada bagian yang terdapat noda.

4. Jemur dengan cara yang tepat

Pada saat batik selesai dicuci, peras batik tanpa menggunakan pengering. Setelah itu jemur di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Cukup dijemur ditempat teduh dan hanya diangin-anginkan saja.

5. Hindari menyetrika langsung

Kain/baju batik (setrika bagian dalamnya saja) atau lapisi dengan kain lain pada saat disetrika.

6. Pada saat menyimpan

Kain/baju batik di lemari, hindari menggunakan kapur barus dan sejenisnya, karena akan merusak kain. Untuk mengusir ngengat gunakan lada yang dibungkus dengan tissue, letakkan di sudut lemari pakaian.

Nah, sekarang bagaimana?mudah kan? Dengan adanya tips cara merawat batik yang benar ini dapat membantu kesulitan anda dalam menjaga kualitas baju batik kesayangan anda agar selalu tetap bertahan lama,ya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

Selamat mencoba yah....

Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Batik Agar Tetap Awet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel