Cara Menghilangkan Strech Mark Secara Alami

Apa itu Strech Mark? Stretch mark (tanda regangan) adalah guratan kulit berpola memanjang tidak beraturan. Kulit terdiri atas tiga lapisan utama yaitu:

· Epidermis: lapisan luar kulit yang melindungi bagian dalam tubuh dan terdiri dari lapisan sel datar.

· Dermis: lapisan pendukung kuat di tengah yang memberikan kekencangan dan fleksibilitas kulit.

· Subkutis atau hipodermis: lapisan dalam kulit yang terdiri dari jaringan lemak dan ikat.




Strech Mark di Perut




Stretch mark terjadi ketika lapisan dermis teregang melebihi daya fleksibilitasnya dalam waktu singkat. Akibatnya, dermis pecah sehingga membentuk stretch mark. Stretch mark sebenarnya hanya kerutan kulit, hanya lapisan dermis yang terpengaruh sedangkan lapisan epidermis di atasnya tetap utuh.

Perbedaan Strechmark dengan Selulit :

Nah terkadang banyak sekali wanita yang keliru membedakan selulit dengan strechmark. Apalagi untuk wanita yang belum pernah mengandung pasti istilah ini cukup asing. Sebenarnya Selulit dan Strechmark sangat berbeda. Strechmark berupa guratan-guratan kulit akibat perenggangan pada kulit sedangkan Selulit merupakan lemak berlebih yang terlihat menonjol pada bagian kulit. Dari penyebabnya saja sudah berbeda begitupun dengan bentuknya.

Penyebab Timbulnya Strechmark

· Kehamilan: selama kehamilan, dinding perut meregang untuk menampung rahim yang membesar. Stretch mark biasanya mulai terbentuk di trimester kedua kehamilan pada sekitar 50% ibu hamil.

· Obesitas: kenaikan berat badan menyebabkan penumpukan lemak yang berlebihan sehingga meregangkan kulit.

· Pubertas: selama pubertas, ada peningkatan simpanan lemak dan luas permukaan tubuh yang disebabkan oleh aktivitas hormon pertumbuhan. Sekitar 70% remaja putri berusia 10-16 tahun terpengaruh, sementara hanya 40% remaja putra berusia 14-20 tahun yang terpengaruh.

· Krim atau lotion kortikosteroid: obat-obatan kortikosteroid yang digunakan untuk mengurangi peradangan di kulit dapat mengurangi jumlah kolagen di kulit. Kolagen adalah sejenis protein di dermis yang diperlukan untuk menjaga kelenturan kulit. Kekurangan kolagen meningkatkan risiko pembentukan stretch mark.

· Lain-lain: semua kondisi yang menghambat hasil sintesis kolagen di kulit

Dari penyebab diatas dapat kita simpulkan bahwa ibu hamil sangat rentan mendapat strechmark. Namun ternyata strechmark bukan hanya timbul pada ibu yang sedang hamil saja, tapi remaja, orang dewasa yang belum menikah bahkan anak - anak sekalipun bisa terkena strechmark.

Cara Alami Mengobati StrechMark

1. Lemon

Tahukah anda bahwa lemon mengandung asam alami yang bisa mengatasi berbagai masalah kulit khususnya pada streckmark, jerawat bahkan luka akibat terbakar. Caranyapun sangat mudah sekali anda tinggal memotong lemon tersebut menjadi 2 bagian lalu oleskan secara melingkar pada bagian kulit yang terdapat strechmark, diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun apabila digunakan secara rutin pada kulit, akan membantu menghilangkan strechmark. selain itu jika anda menggunakannya pada saat hamil akan mengurangi rasa gatal sehingga mampu mencegah timbulnya strechmark.

3. Kentang

Kentang mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat bagus untuk kulit. Sehingga mampu mempercepat pertumbuhan kulit dan memulihkan kembali kulit yang mengalami kerusakan atau luka. Caranya, kentang dihaluskan hingga lembut lalu oleskan pada tubuh. Tunggu hingga kering ringkan lalu cuci bersih menggunakan air hangat.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya memang mengandung zat-zat yang sangat baik untuk pertumbuhan kulit dan sudah banyak dianjurkan oleh pakar-pakar kesehatan dalam perawatan kulit. Anda dapat langsung mengoleskannya pada daerah kulit yang bermasalah. Tunggu hingga kering lalu bilas dengan air hangat.

5. Air Putih

Dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas perhari bisa membantu mengembalikan elastisitas kulit. Dengan begitu kulit kita akan melakukan penyembuhan dengan lebih baik.

6. Kopi

Pakailah kopi murni yang alami yang belum dicampur dengan campuran apapun. Setelah itu oleskan pada bagian yang ada strechmarknya lakukan secara rutin 2 kali sehari.

7. Minyak Jarak

Minyak dari biji jarak terkenal dengan khasiatnya sebagai antioksidan. Biasanya minyak ini digunakan untuk mengurangi keriput, bintik hitam dll

8. Putih Telur

Pisahkan 2 buah putih telur kedalam sebuah mangkuk, lalu aduk dengan garpu secara perlahan. Biarkan putih tersebut menyerap ke dalam kulit. Setelah itu bersihkan dengan menggunakan air dan sabun agar bau amisnya hilang.

Segala sesuatu yang alami itu tidak mungkin hasilnya instan, jadi beberapa cara diatas sebaiknya dilakukan secara rutin agar mendapat hasil yang diinginkan. Dengan begitu kulit anda akan senantiasa terlihat sehat dan cantik.



Belum ada Komentar untuk "Cara Menghilangkan Strech Mark Secara Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel