Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Insomnia Agar Cepat Tidur

Insomnia sangat sering dialami oleh banyak orang, Insomnia terjadi karena kondisi tubuh tidak bisa tidur yang terjadi terus menerus, sehingga menjadi kebiasaan setiap malam. Cara mengatasi insomnia secara umum bisa dilakukan dengan mencoba memejamkan mata dan membuat rileks tubuh. Beriku beberapa cara yang dapat mengurangi insomnia yang anda derita setiap malam.

Cara Mengatasi Insomnia

1. Hindari cahaya pada saat tidur

Cahaya juga mempengaruhi proses produksi hormon melatonin. Cahaya terang dapat menghambat proses produksi hormon melatonin tersebut dan pada akhirnya Anda akan susah untuk tidur. Alangkah baiknya Anda mematikan sumber cahaya seperti TV, komputer, lampu kamar tidur, atau yang lainnya sebelum Anda tidur. Untuk sumber cahaya yang tidak dapat dimatikan, Anda dapat menggunakan kain gelap untuk menutupinya.

Lampu kamar

2. Jangan merokok

Mengatasi insomnia dengan jangan merokok
Nikotin dan kafein sama halnya merupakan stimulan. Nikotin pada rokok dapat membuat tubuh semakin terjaga dan akhirnya keinginan untuk tidur pun susah untuk dilakukan. Alangkah baiknya mulai dari sekarang untuk berhenti merokok dan menerapkan hidup sehat yang akhirnya pun Anda dapat tidur dengan nyenyak.
jangan merokok
jangan merokok

3. Mandi air hangat

Mengatasi insomnia dengan mandi air hangat
Mandi menggunakan air hangat dapat membuat tubuh menjadi lebih nyaman. Apabila lelah bekerja seharian, mandilah dengan air hangat untuk mengatasi otot-otot yang tegang, sehingga dapat lebih mudah untuk tidur nyenyak.
mandi air hangat
mandi air hangat

4. Olahraga secara teratur

Mengatasi insomnia dengan olahraga secara teratur
Ilustrasi (c) Soniawelch
Olahraga secara teratur merupakan salah satu cara mengatasi insomnia yang terbaik dan selain itu dapat membuat tubuh Anda lebih sehat. Energi yang didapatkan setelah melakukan olahraga dapat membuat tubuh tetap terjaga. Beri jarak antara selesai berolahraga dengan waktu Anda tidur antara 3-4 jam. Anda dapat melakukan olahraga ringan, seperti yoga, push up, atau yang lainnya.

5. Tidak mengkonsumsi kafein

Mengatasi insomnia dengan tidak mengkonsumsi kafein
Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa kandungan nikotin pada rokok sama halnya dengan kafein yang dapat membuat tubuh semakin terjaga. Urungkan niat Anda untuk mengkonsumsi kafein apabila Anda ingin tidak mengalami kesulitan dalam tidur pada malam hari.
kopi mengandung kafein
kopi mengandung kafein

6. Buat pikiran Anda menjadi rileks

Mengatasi insomnia dengan buat pikiran menjadi rileks
Redakan emosi atau pikiran lainnya yang menggangu sekitar 1 jam sebelum waktu Abda tidur. Lakukan aktivias ringan, seperti, mendengarkan musik atau yang lainnya yang dapat menenangkan pikiran.

7. Tempatkan leher pada posisi netral

Mengatasi insomnia dengan tempatkan leher pada posisi netral
Apabila Anda terbangun dengan leher kaku, salahkan bantal yang Anda gunakan. Anda menggunakan bantal yang sangat tebal atau yang sangat tipis. Bantal sebaiknya berukuran tepat untuk mendukung posisi leher Anda dalam posisi yang netral. Hindari posisi tidur telungkup, hal ini karena justru akan melilit leher Anda.

8. Buat suasana kamar lebih nyaman

Mengatasi insomnia dengan buat suasana kamar lebih nyaman
Dengan suasana kamar yang nyaman dan tentunya bersih dapat membantu Anda tidur dengan nyenyak. Sebelum Anda tidur, usahakan buatlah suasana kamar yang nyaman dengan menyisihkan barang yang dianggap tidak penting pada kamar.

9. Hindari melihat ke arah jam

Mengatasi insomnia dengan menghindari melihat ke arah jam
Hal ini untuk mencegah tidur Anda tersiksa apabila Anda terus-menerus melihat jam yang akhirnya menyebabkan Anda khawatir dengan sisa waktu tidur sebelum hari esok dimulai. Untuk itu, tempatkan jam ke arah yang bertentangan dengan jarak pandang tidur Anda.
Hindari melihat jam
Hindari melihat jam

10. Menetralisir suara

Mengatasi insomnia dengan menetralisir suara
Suara kendaraan, tetesan keran, anjing menggonggong, atau yang lainnya dapat menghilangkan sebagian besar waktu tidur Anda. Untuk itu, buatlah sebuah suara yang teratur dan tenang, seperti suara dari kipas angin, AC, atau suara yang lainnya. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan sumbat telinga atau ear plugs.

11. Atur jadwal tidur

Mengatasi insomnia dengan mengatur jadwal tidur
Aturlah jadwal tidur dan bangun di setiap harinya. Dengan melakukan cara ini secara rutin dapat membuat tubuh dan juga otak Anda tetap pada waktu tidur dan bangun pada waktunya. Sehingga Anda dapat tertidur dengan nyenyak sepanjang malam. Pada saat Anda bangun tidur, usahakan cahaya terang selama 5-30 menit. Cahaya merupakan salah satu regulator terkuat untuk membangunkan tidur.

12. Membaca buku

Bacalah sebuah buku yang menurut Anda membosankan, sehingga Anda akan cepat lelah dan langsung tidur. Cara mengatasi insomnia dengan membaca buku merupakan salah satu cara yang tidak dianjurkan selain menggunakan obat tidur dan cara ini hanya khusus untuk bagi yang mengalami insomnia akut. Hal ini karena tidur yang berkualitas merupakan tidur pada saat berada dalam kondisi tubuh yang rileks dan bukan karena lelah seperti membaca buku yang membosankan tersebut.
membaca buku
membaca buku

semoga cepat mengatasi insomnia yang anda derita selama ini....

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Insomnia Agar Cepat Tidur "