Cara Mencegah Konten Blog di Curi Orang Lewat RSS Feeds

Rasa jengkel ketika artikel blog yang kita buat ternyata di curi orang, tidak tanggung-tanggung semua artikel beserta link dan komentar bisa di curi blogger lain dengan sangat mudah menggunakan RSS feeds. Pencurian konten  blog secara menyeluruh bisa terjadi lewat celah RSS feeds ini  jika kita salah mensetting RSS feeds. Seperti blog yang saya miliki www.biologiedukasi.com dimana semua konten pada tahun rentang waktu 2014-2016 bisa terpublikasi pada salah satu blog, bahkan sampai judul dan link artikel terkaitnyapun sama persis dan terlink dengan blog yang saya miliki.


Hal ini saya ketahui baru-baru ini dengan memanfaatkan fitur dari website https://ahrefs.com/backlink-checker dari hasil penelusuran website ahrefs.com kita bisa melihat link-link yang terkoneksi dengan website/blog kita.
ahrefs.com

Hasil dari pencarian backlink yang mengarah ke blog
Hasil dari pencarian dari https://ahrefs.com/backlink-checker dapat menampilkan dengan rinci link blog kita ada di blog mana saja. Nah dari sini saya mencoba membuka satu-satu blog yang tercantum di backlink, dari sini akhirnya saya menemukan dua buah blog yang dengan sengaja mengcopy dan mempublish semua artikel yang ada di biologiedukasi.com secara utuh kemungkinan dari tahun 2014-2016 ( saya tidak mengecek secara keseluruhan) 
Contoh artikel yang diambil oleh blog ini


Artikel asli dari biologiedukasi.com

Metode pengambilan isi blog ini hanya sekali klik saja semua artikel bisa di ambil oleh orang lain dengan sangat mudah melalui fasilitas RSS feeds dari blog yang kita miliki. 
contoh rss feeds biologiedukasi.com
Gambar diatas adalah contoh RSS feeds dari biologiedukasi.com, dari celah RSS feeds inilah seseorang bisa mengambil semua artikel yang kita buat jika kita salah mensetting RSS feeds dari blog yang kita miliki. 

Untuk mencegah konten blog di ambil orang lewat rss feeds secara keseluruhan anda bisa melakukan setting pada blog yang anda miliki dengan cara masuk ke dasboard blogger.com yang anda miliki kemudian klik settings--> other--> kemudian rubah bagian Allow blog feed menjadi short atau bisa juga Until jump breaks.


Jika anda memilih short maka artikel yang muncul pada feeds hanya sebagian saja biasanya 2-3 kalimat awal, sisanya akan muncul baca selengkapnya untuk bisa membaca artikel tersebut. Saya sendiri sampai saat ini menggunakan pilihan Until jump Break  untuk mengurangi pencurian artikel secara keseluruhan.

Pilihan Until jump break pada artikel harus kita setting secara manual dengan memasukkan <!--more--> pada artikel yang kita dibagian yang ingin kita potong artikelnya. Caranya arahkan kursor dibagian kalimat yang ingin kita potong, kemudian klik icon yang seperti kertas tersobek disebelah kanan icon smile atau disebelah icon paragraf. Setealah anda klik akan muncul garis lurus yang membagi artikel anda.
Cara Mencegah Konten Blog di Curi Orang
Cara Mencegah Konten Blog di Curi Orang

Artikel diatas garis lurus akan terlihat di feeds, sedangkan artikel dibawah tidak akan terlihat di feeds.

Pilihan short dan until jump break sendiri sebenarnya masih kurang aman karena RSS feeds blog yang kita miliki masih bisa diambil oleh blog-blog agc, namun yang dapat diambil akan terpotong sampai pada bagian baca-selengkapnya, selebihnya akan dialihkan ke URL blog yang kita punyai untuk bisa membaca artikel tersebut secara utuh. Pemilihan short dan until jump break cocok jika anda ingin membangun backlink, namun jika anda jarang melakukan update blog bisa-bisa peringkat blog anda akan kalah dengan blog yang mencuri artikel anda

Jika anda tidak ingin artikel anda terlihat di RSS feeds secara keseluruhan anda bisa memilih none supaya mencegah konten blog anda tidak diambil oleh orang lain melaui RSS feeds blogspot.

Jika ada yang ingin ditanyakan bisa ditanyakan di kolom komentar.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mencegah Konten Blog di Curi Orang Lewat RSS Feeds"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel