Bagian-Bagian Makalah Yang Perlu diketahui Jika Ingin Membuat Makalah

Dalam menyusun makalah, kita perlu mengetahui bagian-bagian dari makalah tersebut. Secara garis besar, kerangka makalah kurang lebih adalah sebagai berikut :

Halaman Judul

Berisi mengenai judul makalah yang akan dibuat beserta logo atau gambar yang mewakili lembaga atau hal mengenai penelitian. Di sampul juga diterakan nama penulis, lembaga atau sekolah penyusun dan tahun pembuatan makalah.

Kata Pengantar

Adalah uraian dari penulis mengenai topik yang akan dibahas di dalam makalah. Gambaran singkat dari keseluruhan maksud atau isi makalah.

Daftar Isi

Berisi mengenai keterangan halaman dari setiap bagian dari makalah yang disusun guna mempermudah dalam membaca makalah yang disusun.

BAB I PENDAHULUAN

Berisi mengenai

A. Latar Belakang

Uraian mengenai latar belakang penulisan makalah mulai dari kilasan masalah dan gambaran hal yang perlu diteliti atau ditemukan permasalahan.

B. Maksud dan Tujuan

Berisi mengenai maksud dan tujuan penulisan makalah.

C. Rumusan Masalah

Mengenai apa saja yang akan dipecahkan masalah dalam penyusunan makalah. Berupa kalimat-kaliamat tanya yang sesuai dengan isi makalah.

D. Batasan Masalah

Paragraf yang berisi mengenai uraian batasan pembahasan di dalam makalah mengenai permasalahan atau topik yang akan di bahas di makalah yang disusun.

BAB II PEMBAHASAN

Berisi mengenai uraian-uraian materi dan penjelasan dari isi makalah. Di tuliskan sebagai sub bab dengan masing-masing topik yang sesuai.

BAB III PENUTUP

Berisi tentang kesimpulan dan saran. Kesimpulan adalah intisari dari pembahasan topik di dalam makalah. Saran berisi permohonan kritik dan saran mengenai kekurangan dan kesalahan dalam menyusun makalah.

DAFTAR PUSTAKA

Berisi daftar sumber teori dalam penyusunan makalah. Baik dari buku, artikel, ebook atau sumber lain.

LAMPIRAN

Lembaran-lembaran yang perlu di ikutkan dalam makalah bila diperlukan.
Namun pada praktiknya, kerangka tersebut bukan kerangka yang pasti. Artinya kerangka tersebut adalah pokok-pokok dalam penyusunan makalah. Boleh dikembangkan sesuai kebutuhan dalam penyusunan maka

Belum ada Komentar untuk "Bagian-Bagian Makalah Yang Perlu diketahui Jika Ingin Membuat Makalah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel