Berapa Gaji Guru di Sekolah Swasta dan Gaji Guru Honorer di Sekolah Negeri?

Guru memiliki tugas mulia untuk mencerdaskan anak bangsa lewat pendidikan dari jenjang TK sampai SMA/SMK. Tapi sebenarnya berapa si gaji guru di sekolah swasta maupun guru honorer di sekolah negeri? Saya akan mencoba mengulas artikel tentang gaji guru swasta dan guru honorer di sekolah negeri.

Gaji Guru di Sekolah Swasta

Banyak yang bilang gaji guru di sekolah swasta itu sedikit, ada juga yang bilang gaji guru disekolah swasta itu lebih tinggi dari gaji guru PNS. Dua-duanya sangat benar, memang ada Guru yang mengabdi di sekolah swasta memiliki gaji hanya Rp 500.000,00 saja bahkan ada yang kurang dari itu. Namun gaji Guru di sekolah swasta ada juga melampui gaji Guru PNS.

Perbedaan gaji Guru di sekolah swasta ini tergantung dari besar kecilnya sekolah Swasta tersebut. Jika Sekolah Swasta tersebut adalah sekolah yang dikelola oleh swasta dengan investasi besar dan termasuk sekolah swasta yang elite/bonafid saya pastikan gaji guru disitu minimal sudah mencapai UMR kabupaten atau kota tersebut. 

Namun jika sekolah swasta tempat mengabdi guru tersebut adalah sekolah swasta yang kecil biasanya dari pihak sekolah hanya berani menggaji guru dibawah UMR bahkan ada yang hanya mendapatkan gaji Rp 500.000,00 saja bahkan ada yang kurang dari itu.

Di Sekolah swasta sendiri biasanya ada dua tipe guru yaitu guru tetap yayasan dan guru tidak tetap yayasan. Jika sudah menjadi Guru tetap yayasan biasanya gaji yang diterima lebih tinggi dari pada guru tidak tetap yayasan. Guru tetap yayasan biasanya berada di sekolah full selama hari kerja mulai dair hari senin-sabtu atau senin-jumat.

Guru tidak tetap yayasan biasanya hanya berangkat ketika ada jam mengajar saja, dan sistem penggajiannyapun berbeda dengan guru tetap yayasan. Guru tidak tetap yayasan biasanya digaji dengan sistem per jam pelajaran. Tipe penggajiannyapun ada dua jenis. Misal saya buat perjam mengajar(JP) mendapat honor Rp 25.000,00 dan sama-sama mendapatkan jam 20JP dalam seminggu misalnya. Tentunya patokan Rp 25.000,00 ini hanyalah contoh saja, bukan menunjukkan yang sebenarnya, ada yang lebih tinggi, ada juga yang lebih rendah
  1. Sistem penggajian pertama: 20JP seminggu x 25.000 x 4(satu bulan ada 4 minggu) sehingga gaji yang diperoleh adalah:  Rp 2.000.000,00
  2. Sistem penggajian kedua: 20JP seminggu x 25.000. sehingga gaji yang diperoleh adalah Rp 500.000,00
Beberapa sekolah swasta menerapkan sistem penggajian nomor satu, tapi sepertinya lebih banyak yang menerapkan sistem penggajian nomor 2 untuk Guru tidak tetap. Gaji guru disekolah swasta memang tidak seberapa, namun yang terpenting adalah keikhlasan seorang guru dalam mengajar di Sekolah.

Gaji Guru Honorer di Sekolah Negeri

Saya tidak akan mengulas panjang lebar mengenai Gaji guru honorer di sekolah Negeri. Intinya gaji guru honorer di sekolah negeri berbeda beda, ada yang hanya mendapatkan honor mengajar Rp 500.000,00 bahkan ada yang kurang ada juga yang mendapatkan honor di atas UMR kabupaten/kota.

Gaji Guru honorer yang sudah mendapatkan surat keterangan GTT (Guru tidak tetap) dari Provinsi biasanya akan mendapatkan honor yang tinggi dalam 1 bulan.
Mengabdi untuk menjadi Guru haruslah ikhlas meskipun mendapatkan honor yang dibawah UMR, Jalan mendapatkan rejeki lainnya di sela-sela manjadi Guru biasanya akan datang dengan sendirinya jika ikhlas menjalankan profesi sebagai Guru

Saya mohon maaf jika apa yang saya tulis tidak sesuai dengan apa yang ada dilapangan, karena setiap daerah / provinsi / kabupaten / kota memiliki kebijakan yang berbeda beda.

Belum ada Komentar untuk "Berapa Gaji Guru di Sekolah Swasta dan Gaji Guru Honorer di Sekolah Negeri?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel