Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sifat Fisik Alkana, Alkena dan Alkuna pada Senyawa Hidrokarbon

A. Sifat –sifat Fisik Alkana

Pada suhu kamar, senyawa metana, etana, propana dan butana berwujud gas. Adapun senyawa pentana sampai heptadekana (C17H36) berwujud cair, sedangkan oktadekana (C18H38) dan seterusnya berwujud padat. 

Alkana tidak larut dalam air, pelarut yang baik untuk alkana yaitu benzena, karbon tetra klorida, dan alkana lainnya. Semakin banyak atom C yang dikandungnya (semakin besar nilai Mr), maka:
  1. Titik didih dan titik lelehnya semakin tinggi (alkana yang tidak bercabang titik didihnya lebih tinggi, semakin banyak cabang titik didihnya semakin rendah)
  2. Kerapatannya makin besar 
  3. Viskositas alkana makin naik 
  4. Volatilitas alkana makin berkurang 

B. Sifat –sifat Fisik Alkena

Sifat fisis alkena sebagian besar mirip dengan sifat fisik alkana. Titik didih alkena bertambah dengan bertambahnya massa atom. Sebagaimana alkana, penambahan cabang berpengaruh terhadap penambahan volatilitas yang menurunkan titik didih. 

Alkena bersifat nonpolar (tidak larut dalam air) tetapi larut dalam pelarut nonpolar seperti heksana, bensin dan eter. Ikatan rangkap dan struktur molekul beberapa alkena menyebabkan alkena sedikit polar daripada alkana. 

Buka Daftar Isi Materi Kimia SMA Kelas X, XI, dan XII Klik disini

C. Sifat –sifat Fisik Alkuna

Titik didih alkuna mirip dengan alkana dan alkena. Hal ini disebabkan alkuna bersifat nonpolar, mempunyai gaya antar molekul yang lemah dan memiliki massa molekul yang hampir sama dengan alkana dan alkena.

Referensi
Permana, Irvan. 2009. Memahami Kimia SMA/MA untuk kelas X. Jakarta: PT.Intan Pariwara 

Rahayu, Iman.2009. Praktis Belajar Kimia kelas X SMA/MA. Jakarta: Penerbit Visindo Media Persada. 

Watoni, AH., Dini K & Meta J. 2016. Kimia untuk siswa SMA/MA kelas XI. Bandung: Penerbit Yrama Widya 

Hermawan, Paris S & Heru P.A. 2009. Aktif Belajar Kimia : untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional 

Utami, Budi., Agung N.C.S., Lina M., Sri Y & Bakti M. 2009. Kimia 1 : Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Posting Komentar untuk "Sifat Fisik Alkana, Alkena dan Alkuna pada Senyawa Hidrokarbon"