Cara Menghindari Akun Facebook, Instagram dan Gmail di Hack / diambil Alih Orang Lain

Akun facebook, gmail, dan instagram sangat rentan di ambil alih orang lain jika anda tidak hati-hati menggunakan akun tersebut. Banyak kasus yang terjadi di beberapa forum yang meminta tolong untuk membantu mengembalalih akun yang terhack, padahal untuk mengembilalih akun tidak semudah yang kita bayangkan.

Akun facebook, gmail, instagram biasanya ketika mendaftar menggunakan satu akun karena akun gmail bisa diintegrasikan dengan facebook, dan instagram sekalgus. Jika gmail bisa diambil alih orang lain, maka kemungkinan besar akun facebook dan instagram yang ketika mendaftar menggunakan akun gmail tersebut juga dengan mudah di ambil alih orang lain. Hal ini terjadi karena akun gmail tersebut bisa dijadikan email pemulihan kata sandi dari instagram maupun facebook dengan menggunakan fitur lupa kata sandi.

Dari beberapa forum yang diposting, didapatkan beberapa celah yang sering terjadi akibat kelalaian pemiliki akun facebook, gmail, dan instagram yang menyebabkan akun pengguna dapat dihack orang lain.

Berikut beberapa tips agar akun facebook, instagram, dan gmail tidak diambil alih orang lain

1. Gunakan kata sandi akun gmail, facebook, dan instagram yang rumit

Beberapa kesalahan mendasar yang paling sering akun gmail, facebookm dan instagram mudah sekali di hack orang lain adalah penggunaan kata sandi yang mudah ditebak. Hindari penggunaan kata sandi seperti tanggal lahir, nama ayah, nama ibu, kombinasi nama ayah dan nama ibu, serta hindari penggunaan informasi data diri dan data keluarga yang memungkinkan orang lain mampu menebak isi dari kata sandi tersebut.

Untuk menghidari orang lain mengambil alhi akun kita gunakan kata sandi yang rumit seperti kombinasi huruf kecil dan besar serta penggunaan simbol dan angka. Kata sandi yang demikian akan sangat sulit ditebak oleh orang lain yang ingin menghack akun facebook ataupun gmail kita. Sebagai contoh kata sandi yang sulit ditebak adalah 4567*$%^&FrAud$ . Kata sandi yang demikian pasti akan sangat sulit ditebak oleh orang lain meskipun menggunakan tool sekalipun seperti bruteforce

Kelemahan dari kata sandi seperti contoh diatas adalah kadang justru pengguna sendiri yang pada akhirnya lupa dengan kata sandi sendiri karena terlalu rumit, jadi pastikan anda mampu mengingat kata sandi yang anda buat sendiri.

2. Hapus Secara Rutin History Browser anda

Informasi dari website yang kita buka semuanya disimpan sementara di dalam browser yang anda gunakan ketika mengakses gmail, facebook, atapun web instgram dari laptop atau komputer yang anda gunakan. Dari history browser inilah ada cara yang bisa digunakan untuk mengambil user password akun gmail, facebook, dan instagram meskipun anda sudah logout dari akun gmail, facebook, dan instagram yang anda miiliki.

Di browser yang digunakan seperti mozilla firefox maupun google chrome ada fitur ingat kata sandi yang kadang muncul di halaman ketika akan masuk ke facebook, maupun gmail. Usahakan jangan menyimpan kata sandi jika komputer / laptop yang anda gunakan bukan laptop sendiri karena memiliki resiko ketika pemiliki laptop membuka facebook maka ada kemungkinan bisa membuka akun anda tanpa harus mengetahui password karena password sudah tersimpan di browser tersebut.
Cara Menghindari Akun Facebook dan Instagram dan Gmail di Hack / diambil Alih Orang Lain

Untuk menghapus history browser bisa dilakukan dengan mudah baik di browser google chrome maupun mozilla firefox.
Cara Menghindari Akun Facebook dan Instagram dan Gmail di Hack / diambil Alih Orang Lain

Cara Menghindari Akun Facebook dan Instagram dan Gmail di Hack / diambil Alih Orang Lain
Centang semuanya, termasuk password and othe sign-in data dan autofill form data
Selain digunakan untuk menghapus kata sandi yang sudah tersimpan, menghapus browsing data juga dapat mengurangi beban memory RAM yang digunakan untuk mengakses google chrome maupun mozilla firefox

3. Buat Kata sandi baru jika ingin membuat akun di website tertentu

Kadang kita perlu membuat akun di website-website tertentu yang membutuhkan akun email seperti gmail, namun kadang kita teledor dengan membuat sandi baru yang sama persis dengan akun email gmail yang kita gunakan untuk mendaftar tersebut. Mungkin tidak masalah jika kita membuat akun di website yang kredibel yang bisa dipercaya keamanan data yang kita masukkan, tetapi bisa saja beberapa website yang kurang kredibel memanfaatkan kata sandi yang kita buat di website tersebut untuk diambil datanya dan disalahgunakan.

Jadi sebisa mungkin buat kata sandi baru yang berbeda dengan kata sandi akun email gmail yang digunakan untuk mendaftar untuk menghindari pengambil alihan akun gmail yang kita miliki.

4. Berhati-Hati dengan Metode Phising Website

Metode phising  adalah metode untuk melakukan penipuan dengan cara mengelabui target agar mampu mengambil informasi penting baik kata sandi, akun, kartu kredit, dll yang menyimpan informasi penting dan sensitif. Kasus ini salahsatu kasus yang sering terjadi karena ketidakhati-hatian dalam melakukan login di facebook, gmail, maupun instagram

Celah ini terjadi dengan cara pencuri akun akan membuat website yang memiliki kemiripan tampilan 100% dengan facebook, gmail, ataupun instagram yang memiliki fitur login sehingga target tidak curiga sama sekali, kemudia target akan diarahkan untuk melakukan login. Jika target benar-benar memasukkan informasi login akun facebook, gmail, ataupun instagram maka dapat dipastikan akun yang anda miliki sudah berhasil diambil alih oleh hacker phising tersebut.

Cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah website tersebut asli atau phising lihatlah URL website tersebut misalnya untuk gmail adalah www.gmail.com, facebook adalah www.facebook.com. Jika URL sudah beda misalnya facebook.tk, facebook01.com maka dapat dipastikan itu adalah website phissing.
Cara Menghindari Akun Facebook dan Instagram dan Gmail di Hack / diambil Alih Orang Lain


Gambar diatas adalah salahstu bentuk phising yang baru saja saya dapatkan dari forum facsebook, Pencuri akun mengelabui target dengan mengirimkan link yang menuju kehalaman tertentu kemudian terdapat isian email dan password, jika target memasukkan informasi tersebut maka pencuri akun akan berhasil mendapatakan informasi akun tersebut. Contoh kasus tersebut adalah kasus phising untuk mendapatkan akun google adsense target.

5. Gunakan Verifikasi 2 Langkah (2-step Verification)

Akun google memiliki fitur yang bisa digunakan untuk mengamankan semua akun google baik gmail, adsense, adword, blogger, dll dengan mengaktifkan 2-step Verification, jadi meskipun password berhasil diambil alih orang lain kalau tidak memiliki kode unik dari 2 step Verification orang tersebut tidak akan bisa melakukan login ke akun gmail yang kita miliki.

Untuk akun google bisa ditemukan dengan pada halaman https://myaccount.google.com/security. Kemudian pilih Security --> Signing in to Google. Pada fitur ini terdapat dua metode yang bisa diaktifkan yaitu use your phone to Sign in dan 2-sept verification. Kedua fitur ini bisa diaktifkan semua.
Cara Menghindari Akun Facebook dan Instagram dan Gmail di Hack / diambil Alih Orang Lain

2 step Verification tidak hanya ada di google saja, pada akun-akun yang lain seperti facebook, whatsapp, dll juga terdapat fitur 2 step Verification.

Semoga artikel mengenai Tips Menghindari Akun Facebook dan Instagram dan Gmail di Hack / diambil Alih Orang Lain ini bermanfaat bagi anda yang membaca artikel ini

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghindari Akun Facebook, Instagram dan Gmail di Hack / diambil Alih Orang Lain"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel